Cara Membasmi Trojan W32.Sality.Y

MEMBASMI W32.Sality.Y
Mungkin hal yang paling menjengkelkan adalah ketika komputer kita terkena/terinfeksi oleh virus atau program pengganggu lainnya. Mungkin salah satu virus yang cukup menjengkelkan adalah W32.Sality.Y (Avira Free Edition). Dari pengalaman penulis rasakan ketika terinfeksi virus ini adalah :
Komputer menjadi lambat,

Tidak bisa boot dengan mode “Safe Mode”,
Tidak terdeteksi pada task manager,
Menginfeksi file-file yang ber-ekstensi .exe. Sehingga bisa kejadian ketika kita sudah menginstall ulang komputer kita, virus tersebut aktif kembali karena kita menginstall aplikasi atau program yang sudah terinfeksi virus tersebut,
Ketika terdeteksi oleh Antivirus biasanya komputer langsung hang atau nge-restart sendiri, dan kadang-kadang komputer tidak nyala kembali (nggak bisa booting masuk Windows), dan terpaksa komputer harus di-install Ulang (cape deh),
Antivirus menjadi linglung (error),
Dll.
PENCEGAHAN
Install Antivirus yang biasa anda gunakan (hampir semua antivirus sudah mendeteksi virus tersebut) tapi kalau penulis boleh sarankan pake aja Avira Free Edition (http://www.avira.com) karena Antivirus tersebut bisa disebut antivirus terbaik yang ada (yang gratisan) dan kalau lihat-lihat di statistik antivirus terbaik, Avira termasuk juaranya Antivirus saat ini. Tapi gagalnya itu, kalau ada file yang sudah terinfeksi virus ini nggak bisa disembuhkan (dinormalkan seperti sedia kala) alias di Delete atau Quarantine.
Untuk pencegahan file-file yang ber-ekstensi exe sebaiknya dikompres (pake Winrar, Winzip, 7-Zip, dll yang penting bisa ngompres file) sehingga virus tidak dapat menginfeksi file-file tersebut
Jangan sembarangan menginstall program, sebaiknya discan pake antivirus dulu (kalau antivirusnya nggak autoscan) walaupun program tersebut antivirus.
PEMULIHAN atau PENYEMBUHAN
Maksudnya memulihkan komputer yang sudah terlanjur terinfeksi oleh virus ini (W32.Sality.Y). berikut cara-cara yang pernah penulis tempuh untuk menghilangkan virus tersebut :
Pakai Antivirus Portable artinya antivirus yang nggak perlu diinstall dulu untuk menggunakannya, tapi biasanya ketika virus tersebut terdeteksi komputer langsung hang.
Pakai antivirus Dr. Web (http://www.freedrweb.com) gratisan kok, mungkin baru antivirus ini (antivirus yang pernah penulis coba selama ini hanya men-delete) yang bisa menyembuhkan alias membuang virus/benalu dalam file yang berekstensi exe, dalam artian file-nya tidak di-delete alias (lagi) file-nya terbebas dari virus dan bisa digunakan lagi.
Kalau terjadi error atau komputer menjadi hang, coba gunakan Dr. Web yang liveCD masih satu website sama Dr Web versi portable untuk mendownloadnya.
Mungkin segitu dulu nulisnya cape euy, ngantuk lagi.
Referensi :
Pengalaman Pribadi

Comments

  1. Selain itu, regedit juga ke konci bos...

    Kalo mau cheat cara pencegahan dari virus W32\Sality.Y dan virus lainnya ada di blog w berdasarkan pengalaman pribadi.

    http://masqulin.blogspot.com/

    kalo ga nongol, kabari w di email:
    master_masqulin@yahoo.co.id

    Ayo kita konsultasi mengenai virus di blog w.

    Salam...

    ReplyDelete
  2. waduh, saya pake avira yang premiun hampir semua program saya ada W32/Sality.Y, dari mulai corel sampe photoshop, pas avira di update langsung nongol begituan, haduh, nongol jendela pop up sampe 40-kali, cape deh

    ReplyDelete
  3. Tentang segala macam virus mampir aja ke blog aku di http://www.kavlink.co.cc

    kalo ga nongol,jangan kabarin gw yaa...!!

    Thanks..!!

    ReplyDelete
  4. Thankyou infonya ya Bro! Aku juga baru aja kena virus ini gara-gara temenku nyolokin Flashdisk-nya ke notebook-ku. Dan bener banget, sampai safe mode ada nggak bisa... msconfig nggak bisa, folder options nggak bisa (file hidden nggak kelihatan semua). Ntar aku coba deh Dr Webnya mudah-mudahan bisa. THX yaw!

    ReplyDelete
  5. maaf bro, dr webnya kok ga bisa gw akses ya?

    ReplyDelete
  6. downloadnya kapan, jika downloadnya sebulan kebelakang maka nggak akan bisa kepake, udah habis lisensinya. kalo kejadiannya seperti itu download kembali dr webnya dengan yang lebih update. lisensi dr web itu 1 bulan dari download, bila dah lewat habis lisensinya, ya otomatis tidak dapat digunakan ...
    terima kasih sudah berkunjung dan semoga membantu

    ReplyDelete
  7. ko avira gue lgsung di blok sih??

    ReplyDelete
  8. Komputerku baru terkena virus sality gmn Boss nanggulanginya.....

    ReplyDelete
  9. komputerku kena virus trojan,aku pke antivirus avira. bagaimana solusinya ya????

    ReplyDelete
  10. bagus ulasannya mas, saya mau coba tipsnya.. lagi terkena sality nihh gara-gara avast saya disable ketika offline dan lupa enable ketika connect internet.

    ReplyDelete
  11. sy jga kena nih, pas install avas di bantai semua programnya,termasuk windowsnya jga, trus g bisa apa2, gmana...

    ReplyDelete
  12. bisa juga pake sality killer yang seperti kaspersky lab

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar