Apa itu StickyKeys ?

StickyKeys adalah fasilitas dari Sistem Operasi Windows bagi mereka yang mempunyai kesulitan atau keterbatasan dalam menekan dua atau lebih tombol keyboard pada komputer. Misalnya kombinasi Ctrl+P (shortcut untuk Print dokumen), Ctrl+Z (shortcut untuk undo), atau yang lainnya.
Cara mengaktifkan Stickykeys adalah sebagai berikut :
1. Menekan tombol shift sebanyak 5 kali secara beruntun.
2. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini :




3. Untuk mengaktifkannya secara langsung, tekan tombol OK sedangkan untuk mengatur StickyKeys sesuai kemauan kita, maka tekan tombol Settings kemudian akan muncul kotak dialog sebagai berikut :


Untuk mengaktifkan Stickykeys pilih checkbox Use StickyKeys, dan untuk mengaturnya lebih lanjut tekan tombol Settings. Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikut :


4. Klik tombol OK.
5. Setelah itu tekan tombol Apply untuk mengaktifkannya sesuai pengaturan yang telah kita lakukan. Setelah itu akan terlihat di bagian kanan taskbar symbol dari StickyKeys yang menandakan bahwa StickyKeys tersebut sedang aktif.


6. Untuk menggunakan StickyKeys tersebut tekan dua kali tombol CTRL, ALT, SHIFT, dan Tombol Windows (salah satu saja, tidak ditekan semuanya). Proses ini mungkin sama dengan menekan tombol CTRL atau yang lainnya oleh jari kita. Akan tetapi sebenarnya jari kita tidak menekan tombol CTRL dan yang lainnya.
7. Setelah itu kita tinggal menekan huruf yang merupakan Shortcut apa yang kita inginkan, misalnya kita ingin menebalkan huruf yang kita seleksi (blok), maka cukup dengan menekan tombol B (tidak perlu menekan tombol CTRL). Atau kita ingin menseleksi seluruh dokumen (Shortcut-nya CTRL+A), kita cukup menekan tombol A saja, demikian juga seluruh shortcut yang lainnya.
8. Apabila kita ingin menonaktifkan (menormalkan kembali) StickyKeys (ke mode mengetik biasa, bukan dalam artian menonaktifkan StickyKeys) kita cukup menekan salah satu tombol CTRL, ALT, SHIFT, atau tombol Windows sekali saja. Kemudian apabila ingin menggunakan StickyKeys kembali ke mode Shortcut tinggal menekan tombol-tombol yang tadi dua kali.
9. Untuk menonaktifkan StickyKeys dari Operasi cukup menekan CTRL+SHIFT secara bersamaan (atau kombinasi dari tombol-tombol CTRL, ALT, SHIFT, tombol Windows)
Selesai Sudah !!!

Comments

  1. sama saja itu kk,apa mesti harus restart kompie

    ReplyDelete
  2. jujur masih bingung kang fungsi sicky keys sebenarnya buat apa, setelah saya menekan shift 5 kali trus saya oke, setelah itu saya tekan tombol ctrl malah bunyi gitu, jadi serem.. hehehe.. :D

    ijin nyimak saja deh kalau begitu, sangat bermanfaat kang infonya bagi yang membutuhkan.. ^^

    ReplyDelete
  3. setelah di OK....tulisan di word malah besar semua g' bisa normal, capslock dan shift malah g' jalan, ada yg tau g' caranya biar tulisan d word jadi normal ( Bisa dibuat tulisan besar kcil)

    ReplyDelete
  4. Tutorial yang sangat menarik, saya kutip ke blog saya..ya

    ReplyDelete
  5. numpang tanya .kali aja dpt solusi.laptop saya dipake anak main game.ketindis ALt sama huruf .tiba 2 huruf yg ditindis ngga bisa di fungsikan .solusi dong.hurufnya w,e,r,y nggak bisa di fungsikan

    ReplyDelete
  6. Saya lg bikin makalah.udah bagus udah di edit.saya coba klik CTRL + shift + 8 ( ngikutin dari goggle buat cek ada yg salah ga ).
    Tapi mlah ada tanda yg macam2.itu gmn mengilangkannyaa tanda itu. Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Mau tanya donk.. Kenapa yaa tombol shift nya suka panjer sendiri.? Trus berhenti panjer kalau tombol shift saya tekan beberapa kali.. Tapi shift nya itu sering banget panjer sendiri trus muncul suara dengung .. Leptop saya kayak kerasukan gitu. . Mengganggu sekali. Tolong beri solusinya kalau tau yaa.. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. Saya punya kendala mas admin... Waktu saya mau buka laptop buat belajar autoCAD, saya mnekan tombol sembarang. pas mau ngetik huruf itu gak bisa semua ... Gimana itu admin...

    ReplyDelete
  9. Wah sangat menarik masalah sticky keys ini. tpi apa kah sticky keys itu tidak mengganggu kinerja kibort pc gak admin??? N juga gimna caranya biar sticky keys ini bisa dinonaktifkan secara total mohon penjelasannya admin πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  10. setelah non aktif stiky keys keyboard gajalan. gimana gan

    ReplyDelete
  11. Akhirnya, terpuaskan sudah rasa penasaran iniπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar