May 12, 2009

Cara mengatur startup Windows

Salah satu alat virus untuk memperbanyak dirinya adalah menaruh perintah di startup Windows, sehingga ketika windows booting dan startup windows mengeksekusi virus yang tadi telah menanamkan perintah di startup. Atau ketika anda ingin menonaktif startup program auto update ketika startup.

Mungkin hal di atas hanya sebagian dari kegunaan pengaturan startup, lalu apa itu startup ? starup adalah fasilitas yang dimiliki Windows untuk mengatur program apa saja yang akan dieksekusi ketika windows mulai dihidupkan secara otomatis tanpa eksekusi dari user/pengguna, misal Program Antivirus hampir pasti selalu ada dalam startup untuk menghindari masuknya virus sehingga kita tidak perlu mengeksekusi program antivirus ketika kita akan memasukkan flash disk kita.
 Ada berbagai cara untuk mengatur startup Windows kita, adapun uraiannya sebagai berikut :

Dengan menggunakan fasilitas bawaan Windows

Untuk menggunakan fasilitas ini kita bisa menggunakan run lalu ketikkan msconfig, setelah itu akan muncul kotak dialog msconfig, pilih tab startup lalu check dan uncheck list yang ada. Lalu tekan apply atau OK

melalui registry editor

Caranya ketik regedit di run, kemudian pada panel kiri pilih key
HKEY_CURRENT_KEY\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run (bagian ini adalah bagian startup biasa yaitu mengeksekusi program tiap kali startup) setelah itu pada panel sebelah kanan hapus key bila anda ingin membuang key tersebut, namun bila anda hanya ingin mendesable/menonaktifkan saja, klik dua kali pada key yang ingin anda nonaktifkan lalu ubah angka 0 menjadi 1 dan begitu juga sebaliknya bila anda ingin mengaktifkan kembali.
HKEY_CURRENT_KEY\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce (bagian ini adalah startup yang dilakukan hanya sekali saja). Adapun cara menghapus, mengaktifkan, dan menonaktifkan sama seperti bagian sebelumnya.
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run (bagian ini adalah startup yang dilakukan administrator). Adapun cara menghapus, mengaktifkan, dan menonaktifkan sama seperti bagian sebelumnya.
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunOnce (bagian ini adalah startup yang dilakukan administrator dan dieksekusi hanya sekali saja). Adapun cara menghapus, mengaktifkan, dan menonaktifkan sama seperti bagian sebelumnya.

Dengan menggunakan program pihak ketiga

Banyak program yang mempunyai fasilitas mengatur startup Windows kita, di antaranya adalah Tuneup Utilities 2009, namun sayangnya program ini program berbayar sehingga anda harus membelinya dulu atau mencoba program trialnya selama 30 hari. Namun sebenarnya sangat banyak program gratisan yang mempunyai fasilitas pengaturan startup, yang saya rekomendasikan dan gunakan adalah CCleaner (bisa di download di sini atau cari saja di Mbah Google pasti ada).

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 10:40 AM Kategori:

4 comments:

  1. apa kabar mas
    sorry kelamaan.
    blog sudah saya link
    do page/tukar link/
    link balik ya
    thanks

    ReplyDelete
  2. hatur nuwun ilmunya tentang star up.sukses sll buat kodecahaya

    ReplyDelete
  3. Yang kyk gini biasanya digunakan warnet-warnet biar gak ada yang jahil billing gratisan.
    whwhwhw

    ReplyDelete
  4. Mantap gan sangat membantu, mampir jg Mbedudul.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !