Mengembalikan file yang hilang oleh Virus

Mungkin anda pernah mengalami seperti ini, file dokumen anda atau program installer yang anda miliki hilang dan yang menjadi tersangka utamanya adalah virus, tetapi ketika anda lihat di properties folder atau flashdisk anda folder tersebut ukurannya tidak kosong. Nah berarti file anda sudah disembunyikan oleh virus tidak dihilangkan.

Hal ini dilakukan virus untuk mempermudahnya menginfeksi komputer korban dan sekaligus memperbanyak diri. Karena virus tersebut membuat duplikasi dari file yang disembunyikannya, sehingga ketika anda melihat file tersebut anda tidak curiga file tersebut sebenarnya adalah virus yang ketika anda mengklik file tersebut (sebenarnya virus) maka virus tersebut akan aktif dan menginfeksi komputer anda sekaligus mencari media yang mungkin dapat ditularinya.

lalu ketika anda menscan dan berhasil membuang virus dari komputer anda file yang hilang (tepatnya disembunyikan) tersebut tidak muncul kembali, nah untuk mengembalikannya ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • buka program run dengan menekan tombol run atau menekan shortcut tombol windows + R./
  • lalu pada kotak run, ketikkan cmd, lalu tekan enter
  • lalu akan muncul command prompt atau DOS.
  • Lalu cari lokasi file tersebut di Command Prompt tersebut, misalkan file yang hilang tadi berada di flashdisk anda di folder music dan flashdisk anda berada di F: pada windows explorer , maka caranya adalah ketik F: lalu tekan enter, sekarang anda sudah berada di flashdisk anda, lalu untuk masuk ke folder music anda tinggal mengetikkan cd music (yang digarisbawahi adalah nama folder). Sekarang anda berada di folder music flashdisk anda.
  • Setelah anda berada di folder yang mana file yang disembunyikan tadi ingin dikembalikan ketikkan di Command Prompt kode berikut
     
  • attrib –h –s /S /D

    Lalu tekan enter, tunggu beberapa saat, da………..n file yang hilang tadi sudah kembali pulang dan kelihatan kembali.
sebenarnya perintah tadi dapat digunakan untuk menyembunyikan file (kebalikan dari mengembalikan file) yakni dengan cara merubah tanda – (minus) pada –h –s dengan tanda + maka perintah tadi akan menjadi :
attrib +h +s /S /D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
May 8, 2009 at 11:07 AM delete

han ini pernah terjadi pada FD saya, dan terpaksa saya harus menformatnya. tapi ternyata ada triknya ya

Reply
avatar
May 9, 2009 at 9:43 AM delete

ya, ini juga hasil belajar dari orang lain. sesuai dengan motto saya sharing ilmu gitu

Reply
avatar
Anonymous
February 9, 2011 at 4:48 PM delete

g bsa juga boy , foldernya ilang g ada sma sekali
gmna caranya y???

Reply
avatar
February 11, 2011 at 11:11 AM delete

dilihat dulu properties-nya, kalo kapasitas tidak sesuai dengan kenyataan, berarti ada file yang disembunyikan, namun bila harddisk menjadi kosong dan kapasitas juga kecil, berarti file anda memang sudah terhapus, untuk mengembalikan file yang terhapus pakai aja program recovery File ...

Reply
avatar
April 13, 2012 at 8:32 PM delete

Terkadang file yang hilang masih ada bug, lebih baiknya kita selalu sedia backup data.

Reply
avatar

Komentar