March 12, 2010

Cara Mengubah Change Case pada Excel (97-2010)

Mungkin kita sering bekerja dengan Excel, apalagi bagi mereka yang kerjaannya hitung-menghitung, membuat tabel dan lain sebagainya. Lalu karena satu dan lain hal, data yang kita buat (misal: daftar siswa) harus dibuat oleh huruf cetak (huruf besar semua) atau sebaliknya data yang kita buat dibuat dengan huruf besar semua, dan kita ingin data tersebut dibuat dengan hanya huruf awal saja yang capital (proper case). Muncul pertanyaan, bagaimana cara mengubah data tersebut ???
Mungkin salah satu cara untuk hal tersebut adalah dengan menggunakan formula Excel, tetapi hal ini sangat membosankan apabila data yang harus kita rubah itu berjumlah ribuan apalagi tidak merata pada sebuah sel (tersebar), belum lagi data tersebut terdapat pada beberapa sheet. Makin bingung deh.

Pertama-tama buat sebuah folder di mana saja dan dengan nama apa saja (tapi sebaiknya folder tersebut simpan pada folder master program anda, supaya kapan-kapan bila anda butuh tidak bingung mencarinya), lalu ekstrak file Extool tersebut ke folder yang telah kita buat tadi (untuk Excel 97-2003 file bernama Extools sedangkan untuk Excel 2007 dan Excel 2010 file bernama Extools_rx).
Hanya sebagai ilmu saja, formula tersebut adalah (tentu saja sebelumnya pakai sama dengan dulu) :
 

=uppercase(text)
=lowercase(text)
=propercace(text)

Text pada formula di atas adalah bisa berupa sel atau text langsung (dengan apit oleh tanda kutip), contoh :

=uppercase(B1)
=lowercace('LOWER CASE')

Ada satu cara yang dapat memudahkan pekerjaan kita (tidak menggunakan formula) yakni dengan menggunakan add-in MS Excel yang bernama Extool. Ada dua versi Extool yakni extool untuk Excel 97 s.d. 2003 dan Extool untuk Excel 2007 ke atas. Anda bisa mendownload secara gratis add-in tersebut, berikut link-link untuk mendownload add-in tersebut :

Extool for Excel 97-2003
Extool for Excel 2007 or higher

(update : link download add-in ini untuk saat ini tidak ada (broken link))

Setelah anda mendownload add-in tersebut yang sesuai dengan Program Excel versi yang anda gunakan mari kita lakukan installasi add-in tersebut.

CARA INSTALASI ADD-IN EXTOOL DI EXCEL 97-2010

  1. Kemudian jalankan Excel, bila anda menggunakan Excel 97-2003 pilih menu tool lalu pilih add-in, setelah muncul kotak dialog add-in lalu pilih browse, setelah itu cari file bernama Extools (pada folder yang kita ekstrak tadi), sedangkan untuk Excel 2007 atau 2010 pilih tombol Microsoft Office (berada di kiri atas) lalu pilih option. Pada kotak dialog option pilih add-in, setelah itu pilih browse, lalu pilih file Extools_rx (pada folder extool yang tadi kita ekstrak).
* Catatan : untuk Excel 97-2003 add-in extools terdapat pada menu paling kanan, sedangkan untuk Excel 2007-2010 terdapat tambahan tab pada ribbon yang bernama Extools lalu pilih edittext


Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 9:11 AM Kategori:

4 comments:

  1. yg 2010 blm bs, om?

    ReplyDelete
  2. yang tanpa add in tidak ada ya?

    ReplyDelete
  3. update link:
    - Extool untuk Excel 97-2003: http://www.excel-extools.com/download.php?file=extools2.0.zip

    - Extool untuk Excel 2007-2013 : http://www.excel-extools.com/download.php?file=extools_rx.zip

    ReplyDelete

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !