Inline Translator - Add-ons penerjemah untuk Firefox

Telah banyak translator/penerjemah yang kita ketahui untuk website diantaranya yang paling terkenal adalah google translate, atau menggunakan situs-situs kamus online. Memang apabila kita hendak menerjemahkan/translate satu halaman web atau beberapa halaman lebih baik kita menggunakan google translate, tetapi bagaimana kalau kita hanya ingin tahu terjemah satu kata atau hanya beberapa kalimat saja. Jika kita menggunakan google translate itu akan cukup memakan waktu, kita harus mengetik ulang kalimat yang akan kita cari atau minimal kita mengkopi kalimat tersebut, kemudian mem-paste kalimat tersebut pada google translate atau pada situs kamus online.
Sebetulnya terdapat cara yang lebih mudah dan tidak cukup menyita waktu dan tidak perlu membuka halaman baru untuk membuka google translate atau kamus online. caranya yaitu dengan menginstall add-ons Mozilla Firefox yakni Inline Translator, anda bisa menambahkannya dengan cara sebagai berikut :

INSTALLASI
  • Masuk link Mozilla Firefox Add-ons kemudian cari add-ons dengan keyword "Inline Translator" (tanpa tanda kutip OK), atau langsung klik link Inline Translator ini
  • Setelah itu klik tombol Add to Firefox (klik Allow bila terdapat notifikasi dari Browser Firefox), setelah itu akan muncul jendela Software Installation, tunggu 3 detik kemudian tekan install
  • Tunggu proses installasi add-ons tersebut sampai selesai, telah itu anda akan diminta untuk merestart Firefox anda. untuk mengaktifkannya restart dulu Firefox anda. telah itu jalankan kembali Firefox anda. dan sekarang Firefox anda telah terdapat add-ons Inline Translator.

PENGGUNAAN
  • untuk menggunakan cukup mudah, yakni dengan menyeleksi/memblok kata atau kalimat yang akan kita terjemahkan (cukup mudah bukan)
  • Tetapi sebelumnya anda harus mengatur setting Inline Translator tersebut sehingga sesuai dengan yang kita inginkan yakni dengan mengklik kanan gambar bola dunia berwarna biru yang terdapat di bagian kanan bawah browser anda. Kemudian klik preference
  • Setelah itu akan muncul jendela settingan Inline Translator, pada bagian max text length ... anda dapat mengatur jumlah maksimal kata yang akan anda terjemahkan (maksudnya bila kata yang anda seleksi lebih dari angka yang kita tentukan maka text tersebut tidak akan diterjemahkan)
  • Pada bagian kedua yaitu translate to, kita dapat mengatur text yang kita seleksi tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa apa (contoh : kita ingin menenjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka tinggal pilih Indonesian), proses setting telah selesai, sekarang anda tinggal menyeleksi text yang anda ingin terjemahkan ... selamat mencoba.

BAHASA YANG DIDUKUNG

berikut adalah daftar bahasa yang didukung oleh Inline Translator :
 Supported Languages (v0.7)
- Afrikaans
- Albanian
- Arabic
- Belarusian
- Bulgarian
- Catalan
- Chinese (simplified)
- Chinese (traditional)
- Croatian
- Czech
- Danish
- Dutch
- English
- Estonian
- Filipino
- Finnish
- French
- Galician
- German
- Greek
- Haitian Creole
- Hebrew
- Hindi
- Hungarian
- Icelandic
- Indonesian
- Irish
- Italian
- Japanese
- Korean
- Latvian
- Lithuanian
- Macedonian
- Malay
- Maltese
- Norwegian
- Persian
- Polish
- Portuguese
- Romanian
- Russian
- Serbian
- Slovak
- Slovenian
- Spanish
- Swahili
- Swedish
- Thai
- Turkish
- Ukrainian
- Vietnamese
- Welsh
- Yiddish


Comments

Post a Comment

Komentar