November 19, 2010

Apa itu Bounce Rate ?

bounce 1Pembahasan ini saya coba angkat untuk menambah pengetahuan saya sendiri yang sebelumnya tidak tahu apa itu bounce rate, sehingga jika penulis coba membuat posting tentangnya akan menambah pengetahuan saya.

Bounce rate sering dijumpai apabila kita sering melihat grafik atau analisa tentang trafik blog kita pada situs penyedia statistik untuk blog kita. selain jumlah pengunjung dan pageview pada situs-situs statistik seperti google analytics, histats.com.

Berikut ulasannya :

Menurut Wikipedia, bounce rate adalah sebuah nama yang digunakan dalam analisa trafik suatu situs atau blog. pada dasarnya bounce rate menggambarkan persentase dari pengunjung yang meninggalkan situs atau blog kita dari pada terus membaca situs atau blog kita. (bila dibahasakan menurut saya adalah orang yang masuk ke blog kita hanya satu halaman saja dan kemudian meninggalkan situs atau blog kita.

Menurut Google, bounce rate adalah persentase dari kunjungan pada satu halaman saja dan memilih meninggalkan situs tersebut dengan hanya melihat satu halaman saja, bila satu situs mempunyai bounce rate yang tinggi ini merupakan pertanda bahwa situs tersebut tidak relevan/tidak sesuai dengan keinginan pengunjung suatu situs. dengan kata lain bila suatu situs presentasi bounce ratenya rendah berarti situs tersebut sesuai dengan keinginan dari pengunjung.

Rumus Bounce Rate

pada situs wikipedia dibahas tentang rumus bounce rate sebagai berikut :

Bounce Rate = Total halaman yang dibuka sekali saja/total pengunjung

Sebagai contoh bila jumlah pengunjung yang melihat satu saja halaman kita berjumlah 50 orang, dan total pengunjung 100 orang, maka bounce rate situs atau blog tersebut (statistik bisa harian, mingguan, atau bulanan) adalah 50%.

Penyebab Bounce Rate

Bounce Rate terjad i bila :

  • Pengunjung mengklik sebuah link ke situs lain, padahal dia baru melihat satu halaman saja
  • Menutup jendela atau tab pada halaman yang baru dilihat sekali
  • Mengetik alamat URL yang baru (sehingga berganti halaman ke situs lain)
  • Menekan tombol back sehingga meninggalkan halaman yang baru dilihat sekali tersebut
  • Habis waktu, misal suatu situs membuat session timeout (habis waktu) 10 menit. maka bila kita tidak mengklik link yang lain atau tidak ada aktifitas (komentar, dll) dalam waktu 10 menit, maka kita dianggap telah meninggalkan situs tersebut.

Kegunaan Bounce Rate

Bounce rate sering digunakan untuk mengukur efektifitas dan berforma (menurut saya : tingkat kegunaan/manfaat) suatu situs, jika suatu situs mempunyai bounce rate 25% berarti situs tersebut sesuai dengan keinginan pengunjung sehingga tidak akan membaca hanya satu halaman saja. namun bila suatu situs  mempunyai bounce rate di atas 75% berarti situs tersebut kurang bermanfaat bagi pengunjung, atau trafik yang didapat oleh situs tersebut hanya hasil pencarian mesin pencari saja, pengunjung tidak mengklik hasil pencarian mesin pencari.

 

Sekian dan terima kasih

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 1:45 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !