Cara Mengetahui dan Menghapus Password Pada Browser Internet

Hampir seluruh browser mempunyai fasilitas menyimpan username dan password bagi penggunanya, mungkin bagi sebagian orang fasilitas ini sangat membantu karena tidak perlu repot-repot mengetikkan username dan password yang kita miliki namun hal ini sering disalahgunakan atau karena ketidaktahuan pengguna menyimpan username dan password di komputer yang dapat dibuka oleh umum  (di warnet, kantor, dll), sehingga akan membuat orang lain dapat mengetahui username dan password kita dan hal tersebut hal yang tidak diinginkan oleh kita semua.

Penyebab Username dan Password tersimpan

Penyebabnya karena kita menekan tombol remember ketika ada popup setelah kita memasukkan username dan password kita.

password

Pencegahan username dan password kita tersimpan pada browser

Untuk mencegah username dan password kita tersimpan dalam browser maka kita ketika muncul popup pada saat kita memasukkan username dan password adalah dengan menekan tombol never for this site atau not now. Maka username dan password kita tidak akan disimpan oleh browser.

password

Cara Mengetahui dan menghapus username dan password yang tertanam dalam browser

hal ini hanya sebagai bahan pembelajaran saja, jadi mohon jangan disalahgunakan (dengan menggunakan firefox) :

  • buka menu tools dan pilih options
  • Akan muncul jendela option pilih tab security, kemudian pada bagian password tekan tombol saved passwords.

password2

  • Setelah itu akan muncul jendela saved passwords, untuk melihat password tekan tombol show passwords. maka password yang tersimpan dalam browser tersebut akan terlihat
  • Hal ini dapat membahayakan privasi yang anda miliki atau orang yang dengan tidak sengaja menyimpan username dan password pada browser pada komputer tersebut, sehingga sebaiknya kita menghapus password dan username yang tertanam padanya. (kecuali jika anda menggunakan komputer sendiri dan tidak banyak digunakan oleh orang lain)

password3

  • Untuk menghapusnya tekan tombol remove all pada jendela saved passwords

Comments

Post a Comment

Komentar