Cara Mengingat dan Mengelola password Dengan Mudah

Menurut saya mengingat password yang saya miliki adalah hal yang lumayan menjengkelkan, betapa tidak, ketika kita (blogger) berusaha mempopulerkan blog kita di dunia maya, mungkin sudah menjadi kewajiban di alam tersebut kita mesti login sebagai user, yang menjadi masalah tiap kita signup (daftar) kita mesti membuat password baru untuk username baru kita.

Mungkin salah satu cara yang cukup mudah adalah dengan membuat catatan daftar username  beserta passwordnya pada sebuah kertas, atau cara yang paling mudah adalah menyamakan seluruh username dan password kita sehingga sangat mudah mengingatnya.

Namun menurut sebagian pakar keamanan, cara-cara  tersebut di atas sangat rawan sekali untuk kita lakukan. Membuat catatan password kita sangat tidak dianjurkan, selain rawan diketahui orang apabila seseorang membacanya. Apalagi menyamakan seluruh username dan password yang kita miliki cara tersebut sangat rawan password kita diketahui orang lain. Bisa saja pada salah satu situs yang meminta login dengan username dan password tersebut adalah situs pishing password, sehingga mungkin saja email yang kita miliki dibajak oleh pihak lain.

Pada tulisan ini saya berusaha membahas tentang bagaimana cara mengelola password yang kita miliki supaya privasi kita di dunia maya tetap terjaga. Berikut cara-caranya :

Pertama, buatlah 3 (tiga) kategori password yang  kita miliki.

  • Password yang sangat rahasia dan tidak ada yang boleh tahu password tersebut, kita sebut saja PASSWORD PRIMER. Password jenis ini kita gunakan pada akun email kita, email merupakan id  mutlak kita di dunia maya, sehingga sebaiknya kita membuat password yang cukup kuat yakni password yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka.
  • Password yang rahasia dan bila password tersebut diketahui orang lain, dapat membahayakan privasi kita. Misal Password Jejaring Sosial, Password Paypal, Password Internet Banking, dan lain sebagainya yang dirasa menyangkut privasi kita. Kita buat saja PASSWORD SEKUNDER
  • Password biasa, yaitu password yang bila orang lain mengetahuinya tidak terlalu mempengaruhi privasi kita. Contohnya password kita di Blog Directory, member suatu forum, member di suatu web, dll. kita sebut saja PASSWORD TERSIER.
Kedua, Kita buat 3 (tiga) password (sebenarnya sesuai dengan keinginan anda) sesuai kategori yang kita buat tadi. Sebagai contoh :
  • PASSWORD PRIMER : pr1m3rpass (tingkat kerumitan password jenis ini mesti rumit)
  • PASSWORD SEKUNDER : secundarpass (tingkat kerumitan password jenis ini biasa saja)
  • PASSWORD TERSIER : nurdin87 (untuk password ini terserah anda mau lirik lagu pun tak masalah)
YANG PERLU DIPERHATIKAN ADALAH JANGAN PERNAH MENULIS PASSWORD ANDA DALAM SEBUAH CATATAN !
Ketiga, kita buat daftar pada sebuah kertas atau media yang lainnya seperti contoh berikut ini :
No Uraian/Nama Situs Username Password Keterangan
1 alamat email gmail asjach@gmail.com 1  
2 alamat email yahoo asjach@yahoo.com 1  
3 Facebook asjach 2  
4 Twitter asjach 2  
5 digg asjach 3  
6 stumbleupon asjach 3  

Maksud password di atas (1, 2, dan 3) adalah 1 adalah password primer, 2 adalah password sekunder, dan 3 adalah password tersier.
Bila suatu hari kita lupa password kita di suatu website, misal di Digg, kita tinggal melihat daftar yang kita buat sebelumnya. kita lihat pada daftar digg passwordnya 2, berarti kita mesti mengingat password sekunder kita.
Demikian tulisan ini penulis buat yang sebenarnya cara yang penulis pakai untuk mengelola password. hal ini dilakukan karena penulis tidak terlalu percaya terhadap software pengelola password yang telah ada.

Comments

  1. memang dalam mengelola password kita di dunia maya yang buanyak sekali ini cukup merepotkan.. ide yang diberikan cukup membantu dan memang lebih aman..

    ReplyDelete
  2. tolonh bantu saya menbuka akun twitter saya yg lupa password

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar