November 21, 2010

Drive Wiper – Fitur Baru Pada CCleaner 3

CcleanerBila anda mendownload CCleaner  versi terbaru (versi 3) anda akan menemukan fitur baru yang ditawarkan oleh Piriform.com pengembang program CCleaner. fitur ini terdapat pada bagian Tools >> Drive Wiper.

 

Lalu apa kegunaannya ?

Ketika kita menghapus suatu file dalam harddisk kita, secara default Windows hanya menghapus alamat dari file tersebut disimpan, sehingga sebenarnya file tersebut masih ada dan masih menempati ruang di harddisk kita. hal ini dilakukan Windows sebagai penjagaan bila kita membutuhkan file tersebut, kita tinggal menggunakan program recovery untuk mengembalikan file tersebut, ruang harddisk untuk file ini akan terhapus/ditimpah bila anda memasukkan file baru ke dalam harddisk.

Tetapi jika anda ingin file tersebut tidak dapat direcovery oleh program yang sering disebut program rekonstruksi mungkin karena suatu alasan, maka anda dapat menggunakan fasilitas/fitur ini untuk melakukannya.

Jadi Drive Wiper itu berguna agar file yang telah kita buang/delete tidak dapat direcovery (terserah anda alasannya apa).

drive wiper

Penjelasan Lengkap Fitur Drive Wiper dari CCleaner :

1. pada bagian Wipe terdapat dua pilihan yakni Free Space Only dan Entire Drive (all data will be erased). Free Space Only adalah yang sering digunakan karena hanya mengosongkan (me-wipe) ruang yang kosong saja, sedangkan Entire Drive adalah jika anda ingin menghapus seluruh file dalam satu drive dan tidak dapat direcovery (hampir sama dengan format tapi tidak memformat ulang drive)

2. Pada bagian Security terdapat 4 pilihan yakni Simple Overwrite (1 pass), DOD 5220.22-M (3 passes), NSA (7 passes), dan Gutmann (35 passes). bagian ini digunakan untuk melakukan berapa kali anda akan mengoverwrite suatu proses wipe (lebih banyak pass lebih susah untuk direcovery).

3. Pada bagian Drive terdapat sejumlah drive yang terdapat dalam komputer anda.

Penggunaan Drive Wiper

  • pilih jenis wipe yang sesuai dengan keinginan anda (standar adalah free space only)
  • kemudian tentukan tingkat keamana (security) proses wipe itu sendiri (standar simple overwrite 1 pass)
  • Lalu tentukan drive mana yang akan anda wipe.
  • Setelah itu tekan tombol wipe
  • Tunggu proses wipe sa mpai selesai, namun proses ini lumayan memakan waktu.

Sekian dan terima kasih.

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 12:03 AM Kategori:

10 comments:

  1. mas maksud nya drive wiper cuma membuang file yang tidak terlihat ya??

    ReplyDelete
  2. ya ... kurang lebih begitu ...
    jadi sebenarnya ketika kita membuang file yang ada dalam media penyimpanan, sebenarnya kita hanya membuang alamat untuk file tersebut, sementara alokasi tempat file tersebut sebenarnya masih ada, file (alokasi di media penyimpanan) akan hilang jika tertimpa (overwrite) oleh file yang lain,,, atau ya dengan fungsi drive wiper ini ...

    ReplyDelete
  3. mas apa dengan drive wiper ini bisa menambah free space(kapasitas) pada harddisk yang kita "wipe" ??

    maksudnya,dengan dihapusnya file yang masih bisa d rekonstruksi apa bisa mengurangi sektor yg terisi pada harddisk(pada wipe:free space only)

    terima kasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  4. bagaimana kalau yang di Wiper drive C, apa tidak menyebabkan file jadi corrupt dan windows jadi crash??

    ReplyDelete
  5. bagaimana kalau yang di Wiper drive C, apa tidak menyebabkan file jadi corrupt dan windows jadi crash??

    ReplyDelete
  6. Thanks Bro Infonya

    ReplyDelete
  7. mas tolong bantu saya dong,,saya mau nanya nieh,saya mempunyai komputer dell buil-up ..nah saat itu saya mengunakan program ccleaner dan membuka tools drive wiper setelah itu saya pilih c ..karena lama proses nya akhirnya saya batalkan ,nah pas saya batalkan kenapa menjadi blue screen ya dan harddisk saya 20 gb ata tidak terbca di BIOS mas terima kasih ,,

    ReplyDelete

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !