November 9, 2010

Jangan Sembarangan Menghapus Postingan Blog Anda

Sebenarnya postingan ini pengalaman pribadi penulis ketika dengan seenaknya menghapus postingan yang penulis anggap sudah tidak perlu, atau sudah usang alias sudah ketinggalan jaman. Padahal sebenarnya postingan kita itu telah terindeks oleh mesin pencari, sehingga ketika mereka kembali ke blog anda (crawling) berupa robot, mereka merasa kehilangan link yang sebelumnya pernah ada (seperti kita manusia, bila sudah terbiasa melihat orang yang duduk di suatu tempat, ketika orang tersebut tidak ada pada tempat itu, kita merasa ada yang hilang), maka otomatis robot mesin pencari tersebut menilai bahwa pada blog kita telah terdapat broken link (apa itu broken link ? Nanti penulis buat postingan tentang hal tersebut, atau cari di Google, pasti ketemu), sehingga nilai blog kita di mata Search Engine menjadi rendah karena terdapat broken link (link yang rusak) sehingga bagi anda yang bermimpi mempunyai blog yang berpagerank tinggi mungkin akan sedikit kesulitan bila terdapat broken link pada blognya.

Bukan hanya postingan yang penulis sarankan tidak dihapus tetapi kategori/label blog yang kita buat sebaiknya tidak kita hapus. Karena pada dasarnya ketika kita menerapkan label/kategori pada suatu postingan kita telah membuat directory (folder kalau di Windows), sehingga apabila di kemudian hari kita menghapus label/kategori tersebut, directory yang ada pada blog kita tidak terhapus, sehingga akan dianggap broken link oleh Search Engine.

Penulis sarankan bila ada postingan/artikel  yang anda anggap tidak perlu sebaiknya anda perbaiki isi postingan tersebut dari pada menghapusnya, atau bila kategori/label yang anda tidak perlu sebaiknya anda tidak menggunakannya.

Bila anda telah menghapus postingan/artikel anda sebaiknya anda segera menghapusnya di Google Webmaster Tools , dan Insya Alloh penulis akan membuat postingan khusus tentang cara menghapus link yang rusak (broken link) di lain waktu.

Demikian tulisan ini penulis buat agar blog kita tetap terbebas dari broken link, sehingga blog kita dianggap baik oleh Search Engine.

Berikut contoh broken link yang ada pada blog ini yang sedang penulis usahakan untuk menghapusnya (masih dalam proses) sehingga penulis belum berani membuat postingan tentang tata cara menghapus broken link pada blog kita.

broken link

broken link2

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 4:15 PM Kategori:

2 comments:

  1. info yang sangat berarti nih karena saya baru tahap pemula dalam membuat blog,
    he..he..he..

    terima kasih

    ReplyDelete

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !