Komputer Restart pada saat Booting, Apa Penyebabnya

Tulisan ini merupakan tindak lanjut dari tulisan terdahulu saya yang berjudul Ketika Komputer Restart Sendiri, Apa penyebabnya. Kali ini saya mencoba membahas yang lebih spesifik tentang penyebab komputer selalu merestart sendiri pada saat booting, saya juga akan mencoba membahas bagaimana cara mengatasinya. Langsung saja ke TKP.

Seperti sebelumnya telah diketahui bahwa penyebab komputer kita selalu merestart sendiri dan berulang-ulang banyak sekali, di antaranya karena kipas tidak terpasang secara benar, memori atau periferal lainnya terpasang kurang baik, power suppy lemah, dan lain sebagainya. Pada tulisan ini saya akan penyebab yang lebih spesifik yakni penyebab komputer merestart sendiri ketika booting.

Misalkan kita menyalakan komputer kemudian ketika masuk booting windows komputer merestart, dan ketika masuk kembali ke booting windows komputer merestart kembali, terus begitu dan tidak pernah masuk ke Windows. nah kondisi inilah yang penulis coba angkat.

PENYEBAB KOMPUTER MERESTART SENDIRI PADA SAAT BOOTING WINDOWS

  1. Sistem Windows kita terinfeksi Virus, banyak virus yang mempunyai dampak seperti ini, virus ini merusak file system sehingga kita tidak bisa menjalankan Windows seperti biasa
  2. Terdapat Badsector pada harddisk, ini bisa terjadi karena proses menutup windows tidak wajar, bisa dikarenakan tidak dishutdown, mati lampu, hang, BSOD, dan lain sebagainya. pokoknya windows tidak dishutdown dengan baik.

CARA MENGATASI KOMPUTER MERESTART SENDIRI PADA SAAT BOOTING WINDOWS

Jika Sistem Windows anda terinfeksi oleh virus, sebaiknya anda scan harddisk anda dengan antivirus yang yang update, bila masalahnya komputer yang kita gunakan tidak bisa masuk windows (karena selalu restart pada saat booting) maka alternatifnya adalah menscan harddisk yang anda miliki di komputer lain.

Jika terdapat badsector pada harddisk anda, lakukan hal yang sama yakni melakukan scan harddisk anda, namun bukan menggunakan antivirus melainkan menggunakan check disk harddisk anda di komputer lain.

  • Untuk melakukannya pasang harddisk anda ke komputer lain
  • kemudian buka explorer (tombol Windows + E)
  • kemudian pada klik kanan pada drive system harddisk yang terdapat badsector (bisa E, F, G, dll) lalu klik properties

checkdisk

  • setelah itu akan muncul jendela properties, pilih tab tools, pada bagian error-checking pilih check now.

checkdisk3

  • akan muncul jendela check disk data, centang kedua pilihan dan tekan start

checkdisk4

  • biasanya proses ini tidak bisa dijalankan sampai anda membooting komputer tadi, restart komputer lalu pada saat booting komputer akan melakukan cek harddisk yang terdapat badsector.
    Bila hal di atas telah anda lakukan namun masalah belum teratasi sebaiknya anda baca artikel yang membahas penyebab restart komputer yang lebih umum di sini.

Sekian dan terima kasih

Comments

  1. boro2 mau seting seperti di atas baru booting mau ke xp sdh restart duluan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. cara'nya gimana tuh?? kan waktu booting ke'restart teruz, mana bisa buka explorer / windows + e ??

    ReplyDelete
  3. saya juga pernah kayak gitu saat saya pake win xp kan baru aja saya
    loading saat mau booting eee.. malah restart kembali gua marah dan langsung gua sentil monitornya XD

    ReplyDelete
  4. Comment nya parah tuh semua.., maksudnya hdd nya d test dgn PC lain dengan catan hdd nya d gandeng.,kalau memang hdd nya gak bermslh otomatis kebaca., tapi sebelumnya masuk dulu diBIOS untuk settingan

    ReplyDelete
  5. Caranya gampang :
    1.masukkan cd installer windows xp yang anda punya, atau cd yang dipake buat install windows. masukkan dan restart komputer.
    2. setelah komputer di restart, maka otomatis komputer akan memanggil program yang ada di cd rom, tenang saja, maka komputer akan berwana biru dan menuju proses install menu, pilih pilihan recovery dengan memilih tulisan R ( ketik R)
    3.maka setelah menunggu beberapa waktu, anda akan dibawa ke screen yang berwarna hitam putih, kayak jaman dulu jaman masih pake MS DOS, tenang saja jangan panik, biarkan muncul sampai ada tulisan c:/ berkedip kedip, menunggu perintah anda.
    4. ketik fixboot c: ,dengan cara ini maka akan ada upaya cd installer untuk kembali menuliskan booting pada sector di hardisk anda.
    5. setelah selesai, ketik kan chkdsk c:/
    setelahs elesai , silakan keluar dengan menuliskan exit, ketik exit
    6. nah, komputer anda akan bisa digunakan lagi, windows xp akan kembali seperti semula, InsyaAlloh, jangan lupa keluarkan lagi cd installer windows dari cd rom

    ReplyDelete
  6. akhir nya bisa normal lg...
    ternyata hardisk nya kena virus...setelah ku pasang di kompi satu nya terus aku scan sama AV yg update bisa normal lg deh..
    makasih info nya bang..sangat membantu

    ReplyDelete
  7. kalau saya menggunakan windows 7.
    begini ceritanya
    saat saya disuruh install netsupportscholl. terus saya uninstal menggunakan ccleaner tapi di pertengahan uninstal terjadi error dan tidak berhasil uninstal sempurna,setelah itu saya coba uninstal menggunakan windows explore/di control panel dan berhasil,dan saya disuruh restart komputer.setelah restart komputer saya booting terus hitam kembali ke "plese waiting" itu terjadi terus menerus.kata guru komputer saya yg tidak tau asal kesalahannya apa dia bilang begini:
    "kamu tidak bisa masuk ke windows kan,jadi windows kamu itu tdk bisa membaca data di harddisk coba instal ulang jika masih tidak bisa itu rusak karena bad sector,jadi jika badsector kepingan di dalam harddisk kamu ada yg
    rusak,lebih parahnya jika motherboardmu rusak."

    ada solusinya enggak sob biar bisa lagi asal kan data yg di harddisk tdk hilang
    sayangnya saya belum backup data harddisk saya.........................

    ReplyDelete
  8. gan mau tanya nie saya kan mau ngesave booting yg harusnya save and exit tapi keluarnya save and reset mulu makanya engga bisa nginstal,
    tau solusinya engga??

    ReplyDelete
  9. Permasalahan ini dari hardisk gan saya coba copot hardisk normal tu PC gak mau restart, tp klo HDD di pasang restart terus"an saat booting
    anehnya HDD ini normal d pke di mainboard lain, bahkan saya ganti HDD baru pun untuk PC yg selallu restart juga nihil hasilnya ,
    Apakah mungkin permasalahan pada mainboard ? atau permasalahan pada bios ?
    ada yg pernah ngalamin hal serupa kah d sini ?
    jika ada dan berhasil solved mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar