December 15, 2010

Facebook Vs Blogging, Mana Yang Lebih Manfaat ?

Bila pertanyaan ini ditanyakan kepada anda, jawaban semacam apa yang akan anda katakan ? sebenarnya besar mana manfaat antara anda FB-an atau anda membuat blog dan mulai blogging ?. Berapa lama waktu yang anda luangkan untuk menyapa dan komentar status teman-teman atau sekedar menambahkan koleksi photo pribadi bila dibandingkan dengan berapa lama yang anda butuhkan untuk membuat sebuah posting untuk blog kesayangan anda. Lalu kembali kepada pertanyaan semula sebenarnya SEBERAPA MANFAAT FACEBOOK (FB-AN) BILA DIBANDINGKAN DENGAN BLOGGING.

Kemungkinan sebagian besar dari pembaca sekalian sudah mempunyai akun Facebook. Mungkin anda akan dianggap tidak gaul kalau belum punya akun Facebook, mulai dari siswa SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Guru, Dosen, Ustadz, Perusahaan, Organisasi, Partai Politik, Ibu Rumah Tangga, Ketua RT, RW, Kades, Camat, Bupati, Gubernur, Menteri dan lain-lain (saya nggak kalau Presiden kita punya Facebook nggak ya).

Bila kita lihat fenomena yang terjadi sekarang ini orang lebih suka diam berjam-jam di depan komputer entah itu di rumah, kantor, warnet, nebeng di komputer temen, hanya sekedar untuk mengomentari status temannya, atau chatting dengan orang lain yang mungkin tidak dikenalnya sama sekali. Bila hal ini terus terjadi apakah manfaat yang dari FB-an selain mungkin kepiawaian anda dalam mengetik kata-kata jadi lebih cepat. Apakah anda akan berkembang ?

Lalu bila dibandingkan blogging yang merupakan sarana untuk sharing ilmu, menyalurkan hobi kita, bisnis, silaturahmi (sama kayak FB), berdiskusi dengan orang lain, menyampaikan pendapat kita ke khalayak umum, dan paling penting adalah ilmu kita akan terus bertambah (bagi yang serius blogging) bukan hanya masalah ilmu dalam bidang komputer, internet, bahasa pengkodean/pemrograman (seperti HTML, CSS, dan Javascript) namun anda dapat terus berkembang dalam bidang yang lain yang anda bahas dalam blog anda.

Namun kembali ke pokok persoalan apakah Facebook-an itu menyia-nyiakan waktu ataukah menjadi seorang blogger itu lebih bermanfaat dan lebih menguntungkan.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut yakni TENTU SAJA TIDAK SELALU BEGITU, masih banyak hal yang positif yang didapat bila seseorang FB-an, begitu juga menjadi seorang blogger maka tidak otomatis menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Semua tergantung kepada anda sebagai pengguna. betapapun besarnya potensi kemanfaatan blogging bagi seseorang, namun bila seorang blogger salah menggunakan blognya, sehingga tidak mendatangkan manfaat malah merugikan orang lain. Sebaliknya ketika bagi sebagian orang FB-an itu hal yang membuang-buang waktu, tidak sedikit orang yang berhasil memanfaatkannya selain sebagai sarana berhubungan antar sesama (silaturahmi) tapi ia juga berhasil membangun bisnis yang lumayan dari modal FB-an.

Jadi kesimpulannya manfaat mana antara Facebookan dengan Blogging ? jawabannya Ya tergantung kepada anda. Anda yang menentukan apakah akan FB-an seharian hanya untuk membuang-buang waktu, atau anda menjadi blogger namun isi dari blog (content) anda jauh dari etika atau hasil plagiat (copy paste) dari blog orang lain.

Atau cara yang paling ideal yang anda pilih anda manfaatkan kedua fasilitas tersebut, facebook dapat dijadikan ajang promosi bagi blog anda, atau anda mendapat lebih banyak teman facebook, dari orang yang menyukai blog anda.

Sekian dan terima kasih.

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 5:37 PM Kategori:

13 comments:

  1. Menurut ane tergantung yang menjalani, kalo FBan cari teman sambil usaha online itu positif.
    tapi kalo cuma cari teman, chatting dan game FBan kurang bermanfaat.

    Beda sama blogging, disa,\mping kita belajar pengetahuan baru, blogging juga berbagi pengetahuan tersebut kepada pembacanya. apabila di dampingi dengan usaha online seperti PPC, kita juga dapat keuntungan dari itu, jadi blogging sama2 bermanfaat, mendapat dan berbagi ilmu. dan menguntungkan satu sama lain. :)

    ReplyDelete
  2. ya mas , tergantung yang menggunakannya. kita nggak bisa menentukan mana yang lebih manfaat, soalnya masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. saya juga kalo lagi nggak mood suka nggak posting beberapa hari ... padahal blogging itu perlu konsistensi (istiqomah kalo bahasa arabnya mah)

    ReplyDelete
  3. Bener mas, blogging perlu konsistensi, nah itu yang perlu dijaga. alias harus istiqomah. o y mas related postnya udh tak reply di blog saya tapi tak copy lagi disini :

    http://www.o-om.com/2009/10/new-related-posts-thumbnail-alternatif.html

    Nah kalo mau related postnya berjalan disini :

    http://www.o-om.com/2010/02/thumbnail-related-posts-with-marquee.html

    Tapi code js standar dari sini kurang bagus, pake js saya aja mas, tar mas bisa edit sesuka mas nih :

    http://h1.ripway.com/iyankz/js/relatedpost.js

    Maaf kalo jelasinya kurang jelas, maklum saya masih belajar. tar klo msh bingung blh ditanya lagi :)

    ReplyDelete
  4. Wah ... makasih mas Citizen, jadi nambah ilmu nih.

    ReplyDelete
  5. lebih bagus kalau bisa saling menunjang, facebook sebagai jalan kita membawa pengunjung ke blog kita :D salam kenal om..

    ReplyDelete
  6. tepat sekali, seperti tulisan saya di alinea terakhir postingan ini :D

    ReplyDelete
  7. Backlink ya Mas :)
    http://yunitatriplekissme.blogspot.com

    Follow juga ya mas :)

    ReplyDelete
  8. askum.... salam kenal kak. aku baru bgt belajar bikin blog, mohon bimbingannya ya. berhubung aku gak punya facebook dan ga suka, aku lebih milih blog karena lebih banyak manfaat dari pada kekurangannya. intip blog aku ya kak, kasih aku masukkan. tnx..:)

    ReplyDelete
  9. yang jelas manfaatkan Facebook vs blog demi kebenaran dan pelajaran,,

    ReplyDelete
  10. Kalau menurut saya ne master,,,, Baikan blooger,,, Karena Blooger itu Semuanya data-datanya bermamfaat bagi orang...

    ReplyDelete
  11. hmm... saya punya keduanya,, tapi lebih sering fb kan sih, memang kurang bermanfaat, tapi faktor kesendirian membuat fb jadi teman sehari-hari. Kalau terkait blog, saya lebih suka menulis blog tentang perjalanan saya berwisata,entah ke gunung,ke pantai atau sekedar menulis puisi. Entahlah itu bermanfaat atau tidak bagi yang membaca. Tapi mungkin kemampuan saya dalam menulis hanya sebatas itu. Huft,,melihat blog2 yang bagus2 dan bermanfaat seperti ini, jadi minder nulis di blog....

    ReplyDelete
  12. wah menarik sekali.
    kunbal ya di bloggedewek.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !