Google Bookmarks – Bookmark Situs secara Online

google Untuk kali ini saya mencoba membahas salah satu fasilitas yang disediakan Google yang mungkin untuk sekarang ini merupakan jawaranya search engine dan Situs di seluruh dunia. Fasilitas tersebut adalah Google Bookmarks.

Bila anda belum tahu apa itu bookmark (bagi yang newbie Internet), Bookmarks adalah salah satu fungsi yang disediakan oleh hampir seluruh Browser Internet saat ini, biasanya cara penggunaannya adalah dengan menyeret (drag and drop) tab situs yang sedang kita kunjungi lalu melepaskannya di daerah Toolbar Bookmark (biasanya berada di bawah bar Navigasi, fasilitas ini disediakan agar kita dengan mudah menuju ke website yang telah kita bookmarks (semacam ikon di desktop kalau dalam OS Windows), lihat saja gambar di bawah ini untuk lebih memudahkan.

Bookmarks - Google Bookmarks

Nah sudah ngerti dan tau caranya kan !

Namun cara di atas mempunyai kelemahan yakni seluruh bookmark yang kita simpan di browser hanya akan ada di komputer yang kita pakai dan disimpani bookmark tersebut, sehingga bila kita menggunakan komputer lain, maka bookmark yang telah kita simpan tidak akan ada.

Bila dulu saya menggunakan secarik kertas untuk mencatat alamat web yang saya sukai, atau dengan menggunakan notepad kemudian disimpan di flashdisk, sebenarnya ada cara yang lebih mudah yakni menggunakan Google Bookmarks.

Bila anda sudah mempunyai akun Google maka secara otomatis anda sudah mempunyai akun Google Bookmarks, yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan fasilitas tersebut. gunakan Username/Email dan Password Google anda untuk masuk ke Google Bookmarks, untuk menggunakannya anda cukup mengetikkan www.google.com/bookmarks di Navigation Bar anda, maka anda akan diminta memasukkan email dan password google anda.

Kita buat berurut saja ya ! berikut tahapan-tahapannya :

  • Masuk ke www.google.com/bookmarks
  • Gunakan alamat Email dan Password Google anda untuk memasuki Google bookmarks.
  • Setelah anda masuk ke Google Bookmarks yang perlu anda lakukan adalah menambahkan link favorit anda.
  • Jika anda bermaksud membuat Group, kumpulan link, Kategori sesuai dengan keinginan anda, tekan saja tombol add new list dibagian kiri tengah situs tersebut, kemudian masukkan nama kategori sesuai keinginan.
  • Bila sudah membuat kategori tekan link kategori tersebut
  • Untuk menambahkan situs favorit anda tekan tombol add stuff kemudian masukkan alamat situs yang akan anda bookmark.
  • Anda juga dapat mengatur akan menampilkan thumbnail dari situs yang kita bookmark atau tidak.

Sekian dulu tips untuk kali ini mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca sekalian

Baca juga artikel berikut ini :

Comments

  1. mantap postingnya sederhana namun bagus untuk share ilmu buat pemula.... mantap.. trims kunjungannya ya.. salam kenal

    ReplyDelete
  2. thanks ya, saya sudah numpang baca2 sebentar untuk menambah pengetahuan tentang ngeblog!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan bermanfaat buat nambah wawasan dan pengalaman dalam dunian blog

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat gan , apalagi google Bookmark pr 9 , jangan lupa kunbalnya ya sob

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar