Menampilkan Quicklaunch pada Windows

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas cara menampilkan, menyembunyikan, memasukkan ikon, menghilangkan ikon dan lain sebagainya.

Quicklaunch adalah fasitlitas yang terdapat pada Windows XP untuk memudahkan pengguna, sehingga tidak perlu masuk ke start menu. Hal ini dapat mempercepat proses yakni hanya dengan satu kali klik, tidak seperti masuk ke start menu, minimal 3 langkah baru dapat mengeksekusi sebuah program, sedangkan dengan menggunakan quicklaunch hanya satu langkah saja.

Quicklaunch terdapat di sisi bawah sebelah kanan start menu, anda dapat mengatur seberapa banyak shortcut (ikon) yang akan ditampilkan, atau seberapa lebar tempat untuk Quicklaunch, dan lain sebagainya.

Quicklaunch

Cara Menampilkan Quicklaunch

  • Klik kanan pada taskbar (panel biru yang berada di bawah) kemudian klik kanan, lalu pilih Toolbars, lalu centang pilihan Quicklaunch
  • Quicklaunch2

 

Cara Mengatur lebar daerah Quicklaunch

  • Untuk mengatur lebar Quicklaunch pertama-tama anda harus meng-uncock (menghilangkan centangan) taskbar sehingga bisa diatur lebar tingginya. Caranya dengan klik kanan pada taksbar yang kosong (lihat gambar di atas)
  • Kemudian klik hilangkan centangan pada opsi Lock the Taskbar. maka pada taskbar akan terdapat separator yang dapat digeser-geser. Aturlah sesuai dengan keinginan anda.
  • Quicklaunch3

Cara Menambahkan ikon/shortcut pada Quicklaunch

  • Cara cukup mudah, yakni dengan menggeser (drag and drop) ikon yang ada pada dekstop atau pada start menu ke daerah Quicklaunch

Cara Menghapus Ikon pada Quicklaunch

  • Caranya klik kanan pada ikon/shortcut yang akan dihapus kemudian pilih delete.

Demikian yang dapat bahas, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Comments

  1. thanks infonya bang, dengan quicklaunch akses ke program lebih mudah, simpel, n ga ribet

    ReplyDelete
  2. waah makasih mas udah berkunjung dan berkomentar ...

    ReplyDelete
  3. Makasih sob atas infonya.. sekarag jadi tahu nih.. ijin copas ya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar