Penyebab Kegagalan Install Ulang Windows

Banyak penyebab kita melakukan install ulang Windows, baik itu karena sistem komputer dirasa telah terasa lambat, terlalu banyak virus yang aktif pada system komputer, banyak sekali program yang error dan tidak bisa dijalankan, karena file system Windows rusak sehingga Windows tidak dapat booting atau performa komputer kita kurang memuaskan, atau penyebab yang lainnya yang menyebabkan kita memutuskan untuk menginstall ulang.
Namun tidak selamanya hal yang kita inginkan berjalan lancar sesuai rencana, adakalanya terjadi gagal pada proses install ulang, nah pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa penyebab terjadinya kegagalan pada waktu install ulang Windows, atau mungkin terjadi pula pada OS yang lainnya. juga saya akan coba memberikan solusi bila hal tersebut terjadi

Penyebab Install Ulang Gagal

1. CD atau DVD Installer Operating System (OS) dalam hal ini CD Windows rusak, dalam artian bisa karena terlalu banyak goresan sehingga menyebabkan CD atau DVD ROM tidak dapat membaca CD Installer OS Windows tersebut.
2. Harddisk kita mengalami kerusakan, misalnya karena terdapat Bad Sector yang tidak dapat diperbaiki.
3. CD ROM atau DVD ROM yang kita miliki sudah rusak, bisa jadi penyebab gagalnya install ulang adalah CD ROM atau DVD ROM kita mengalami kerusakan sehingga tidak dapat membaca CD yang bagus sekalipun.

Solusi Install Ulang Gagal

1. bila CD atau DVD installer OS anda yang rusak, maka anda harus menggantinya dengan CD Installer OS yang lain.
2. Bila penyebabnya terdapat Harddisk yang terlalu banyak bad sector, anda dapat membaca artikel tentang cara memperbaiki bad sector harddisk, bila dengan menggunakan cara tersebut harddisk tetap terdapat bad sector maka sebaiknya anda membeli harddisk yang baru.
3. Bila CD atau DVD ROM anda yang rusak, coba perbaiki dengan menggunakan CD atau DVD Cleaner.
Untuk mengetahui penyebab mana yang menyebabkan gagal install ulang, sebaiknya anda coba masing-masing gejala yang ditimbulkan :
1. Bila proses install ulang gagal pada waktu pertengahan proses, biasanya ini dikarenakan  CD yang rusak atau terlalu banyak goresan. Namun tidak jarang dikarenakan harddisk yang terdapat bad sector.
2. Bila proses install ulang tidak dapat mulai ketika checking harddisk, sedangkan anda telah masuk ke proses install ulang, maka kemungkinan besar penyebab kegagalan adalah karena terdapat bad sector pada Harddisk.
3. Bila proses install ulang tidak dapat dimulai sejak awal, sehingga anda tidak masuk pada bagian instalasi maka ada kemungkinan CD atau DVD ROM anda yang rusak.

Comments

  1. gan kalau OS'nya hang trus ndak bisa booting sampai destop kan otomatis di instal ulang nah kalau kemungkinan bad sector, cara memperbaiki bad sector tanpa os bisa ndak ya...???

    ReplyDelete
  2. gini gan'.... DVD rom gw klo ngebaca dics tu cepet.... masih bagus.... tpi klo mw gw instal ulang OSnya(Windows 7) abiz loding windowsnya kn pasti kluar yg milih bahasanya... tpi klo di komputer gw gk kluar nich.... i2 krna bad secktor ato DVD romnya gan..... Mohon direspon segera

    ReplyDelete
  3. bang, saya mau install windows 7, tapi kok tidak bisa?
    pas mau di install windows xp, yang muncul
    \system32\hal.dll

    itu muncul di pertengahan saat install ulang, tolong cari solusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mungkin file iso nya yang korup, coba download dan install lagi

      Delete
  4. kalo program windowsnya udah masuk tp tetep ga bisa masuk windows apanya gan, makasih

    ReplyDelete
  5. kalo hard disknya tdak dapat di partisi gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan itu sama kyak laptop ane, hard disknya gak mau di partisi itu gmna ya gan??

      Delete
  6. gan, knp tiap nyalain laptop selalu muncul tulisan," a disk read error occurred, press ctrl+alt+del" dan mau masuk ke booting untuk instal ulangpun tdk bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yh itu mnta d install ulang om .... System nya udh error

      Delete
  7. klo punya ane
    installan windows nya ane download langsung ane install
    trus install ulang gagal pada waktu pertengahan proses

    saran dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo install ulangnya gagal dipertengahan itu masih bisa ngulang untuk install lagi kan gan?

      Delete
  8. Gan kan saya ngistall pakek flashdisk lah pas udh loading lalu tampil logo windows .... Sesudah tampil logo windows itu lalu hang . gk ada tampilan sama sekali . itu knapa yha

    Mnta saran

    ReplyDelete
  9. gan saya instal windows .. macet saat ada bacaan getting devices ready

    ReplyDelete
  10. gan kalo gagal pas di tengah tengah dan keluar bunyi terus gagal gimana solusinya?

    ReplyDelete
  11. Gan ane kan install ulang pake CD kok berhenti terus di 70an persen.Ane udah nyoba berkali-kali tapi tetep aja berhenti terus.Kira2 itu penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
  12. Kalau ane instal ulang pc tanpa fd/cd kadang berhasil kadang tidak, kebanyakan tidaknya, instal via cd/fd juga sama...
    Mohon sekalian bantuannya teman"

    ReplyDelete
  13. Pc saya terkadang bisa instal ulang terkadang tidak, lebih banyak tidak sih ketimbang bisanya.

    Gimana tu gan mohon bantuannya saya gan.

    ReplyDelete
  14. Juga sama kejadian seperti agan geraldhi

    ReplyDelete
  15. Gan bisa di infokan alamat lengkap di area mana?

    ReplyDelete
  16. min gmna caarnya mengatasi instal ulang yg gagal, udh sampe tahap akhir, instaasi trs ngulang sendiri lagi, saya pake flash disk

    ReplyDelete
  17. Gan minta saran nya . Ane flash ulang pake fkashdisk mentok 1% apa nya yah

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar