Cara Menambahkan Syakal pada Tulisan Arab

Kali ini penulis akan membahas bagaimana menambahkan Syakal (baris) pada tulisan arab yang telah atau akan kita buat.
Bagi sebagian mungkin akan kebingungan mencari letak syakal di keyboard, karena memang syakal tidak ditampilkan meskipun keyboard kita telah ada tulisan arabnya.

Langsung saja ya, kita bahas : 
1. Pertama-tama ubahlah format tulisan kita menjadi bahasa Arab dengan cara menekan kombinasi tombol SHIFT + ALT (ini juga berlaku untuk hal sebaliknya yakni merubah format Arab menjadi Latin)
2. setelah itu jika kita mengetik dokumen yang terdiri dari bahasa Arab saja atau satu baris merupakan bahasa Arab maka sebaiknya kita menekan kombinasi CTRL (kanan) + SHIFT (kanan) tujuannya agar tulisan Arab kita menjadi format Right to Left karena memang bahasa Arab memulai tulisannya mulai dari sebelah kanan ke kiri.
3. Jika tulisan arabnya menyatu dengan tulisan latin, maka hal di atas tak perlu kita lakukan.
4. Kita mulai mengetik huruf arab satu persatu, terdapat dua pilihan dalam mensyakali tulisan Arab yang kita tulis, yakni dengan langsung mensyakali ketika mengetik huruf-huruf Arab tersebut, atau proses mensyakali kita lakukan setelah kita mengetik semua tulisan arabnya. Namun penulis sarankan untuk melakukan hal pertama, karena kita tidak perlu menggunakan tombol panah di keyboard untuk memindahkan posisi kursor di tulisan kita.
5. misal kita akan mengetik kata ضَرَبَ , maka ketik dulu huruf ض  kemudian diikuti dengan menekan tombol SHIFT + Q (untuk memasukkan syakal Fathah) kemudian ketik huruf ر  kemudian juga diikuti SHIFT + Q, terakhir kita ketik huruf ب diikuti oleh kombinasi SHIFT + Q.

berikut penulis uraikan seluruh syakal sesuai dengan tombol kombinasi di keyboard:
1. Fathah : SHIFT + Q
2. Fathatain : SHIFT + W
3. Kasrah : SHIFT + A
4. Kasratain : SHIFT + S
5. Dhammah : SHIFT + E
6. Dhammatain : SHIFT + R
7. Sukun : SHIFT + X
8. Tasydid/Syiddah : SHIFT + ` (sebelah kiri tombol 1)

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih.

Comments

Post a Comment

Komentar