December 1, 2010

Tutorial Microsoft Excel 2007-2010

Kali ini penulis di blog tercinta ini (http://kodecahaya.blogspot.com) memulai membuat tutorial tentang Microsoft Excel yang merupakan program pengolah lembar atau Spreadsheet, mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Saya menulis tutorial ini bukan berarti saya telah mahir menggunakan Microsoft Excel, namun merupakan sarana untuk sharing ilmu yang telah dimiliki, yang sebenarnya ilmu yang saya miliki hasil sharing ilmu dari orang lain pula.

sebelum masuk kepada tutorial Excel secara mendalam, ada baiknya anda mengetahui antarmuka atau interface dari Microsoft Excel :

Interface Microsoft Office 2007

1. Tombol Microsoft Office (Microsoft Office button)

Tombol ini digunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Excel anda, baik itu membuat membuka, menyimpan, mencetak dokumen anda.

Microsoft Office Button 

Bila anda klik, maka tampilannya seperti berikut :

Microsoft Office Button2 

2. Ribbon

Ribbon adalah fasilitas baru pada Microsoft Office 2007 dan diteruskan pada versi selanjutnya Microsoft Office 2010. Ribbon ini hampir sama dengan toolbar pada Microsoft Office versi sebelumnya, namun perbedaannya adalah pengorganisasian toolbox lebih memudahkan dan mempercepat pengguna dalam proses pembuatan dan pengeditan dokumen.

Ribbon Microsoft Excel 2007

Pada Ribbon biasanya terdapat beberapa tab yakni Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View. Pada setiap Tab Ribbon terdapat kumpulan group untuk memudahkan proses pembuatan dokumen excel.

sebagai contoh pada tab home terdapat group Clipboard, Font, Alignment, Number, Styles, Cells, dan Editing. begitu juga dengan tab-tab lainnya mempunyai grup tersendiri yang akan memudahkan pengguna Microsoft Excel.

Ribbon Group Anda dapat masuk ke settingan yang lebih rinci dengan menekan tombol kecil di bagian kanan bawah tiap group ribbon.

3. Quick Access Toolbar

Anda dapat menambahkan beberapa toolbar yang paling sering anda gunakan pada Quick Access Toolbar sehingga memudahkan anda dalam menggunakan Microsoft Excel.

Quick Access Toolbars Secara default (standar) Quick Access Toolbar terdapt dibagian atas Ribbon di sebelah kanan tombol Microsoft Office, namun anda dapat memindahkannya kebagian bawah Ribbon, caranya anda klik kanan pada Quick Access Toolbar kemudian pilihlah pilihan Show Quick Access Toolbar Below the Ribbon.

Show Quick Access Toolbar Below the Ribbon

4. Mini Toolbar

Mini toolbar adalah fitur baru pada Microsoft Office 2007 dan dilanjutkan pada Microsoft Office 2010, mini toolbar ini sangat membantu anda terutama bila anda yang sering menggunakan mouse karena dekat dengan posisi mouse, untuk menggunakannya anda tinggal mengklik tengah pada bagian sel Microsoft Excel, maka Mini toolbar tersebut akan muncul.

Mini Toolbar

Untuk tutorial kali ini saya anggap selesai dulu sampai disini, tentunya saya akan meneruskan tutorial yang lainnya yang mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua.

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 11:49 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !