Untung Rugi membuat blog dofollow atau nofollow

Pada kesempatan kali ini saya mencoba membahas untung rugi blog kita dibuat dofollow ataupun sebaliknya yakni nofollow. lalu sebenarnya apa itu dofollow dan nofollow itu ? mungkin pertanyaan itu yang akan muncul. sebelum kita masuk kepada pembahasan tentang bagaimana cara membuat blog atau link kita dofollow atau no follow kita akan membahas apa itu dofollow dan nofollow.

pada dasarnya hampir seluruh template blogger didesain dengan nofollow yakni link yang berada pada blog kita tidak akan diikuti oleh robot search engine sehingga robot tersebut akan melanjutkan mengindeks atau crawling pada blog kita, sedangkan dofollow adalah kebalikan dari nofollow yakni ketika robot search engine meng-crawl blog kita ketika terdapat blog atau link dofollow pada blog kita ia akan mengikuti blog tersebut kemudian kembali ke blog kita, hal ini dapat membuat proses crawling lebih lama dan bisa juga robot menghentikan proses crawling blog kita.

Lalu apa gunanya kita merubah blog menjadi dofollow atau nofollow? sejauh yang saya ketahui, jika kita membuat blog kita dofollow akan mengundang komentar dari blogger lain, lalu mengapa mereka rela mengomentari blog kita, tidak lain tidak bukan karena mereka ingin backlink dari blog kita, hal ini terjadi karena bila blog kita dofollow maka secara otomatis seorang blogger yang mengomentari blog kita pada suatu posting maka blognya akan mendapat backlink dari blog kita, bila anda penasaran apa itu backlink anda dapat membacanya di postingan ini, namun tidak jarang blog dofollow akan mengundang banyak spammer yakni mereka yang berkomentar di blog kita hanya sekedar ingin mendapat backlink saja. bila terlalu banyak komentar sampai pada blog kita maka blog kita akan dianggap buruk oleh mesin pencari sehingga berimbas pada posisi blog pada SERP yang akan sangat berpengaruh kepada trafik blog kita.

tapi bila anda pintar untuk mengatur blog dofollow hal tersebut dapat menguntungkan anda, mungkin dengan cara moderasi komentar blog anda, anda dapat meminimalisir komentar spam pada blog anda, tetapi mempunyai trafik yang lumayan bagus. tetapi blog dofollow kurang disukai oleh search engine karena kemungkinan terjadinya spamming lumayan besar. maka bila anda memutuskan untuk membuat blog anda dofollow pintar-pintarlah mengatur komentar yang akan anda tayangkan pada blog anda.

Lalu bagaimana dengan blog atau link nofollow, apakah blog nofollow akan mendapat pengunjung yang sedikit. jawabannya tentu tidak, selain karena blog nofollow lebih disukai oleh search engine karena sedikit kemungkinan terjadinya komentar sampah (karena bagi spammer blog anda tidak akan bermanfaat karena tidak mendatangkan backlink).

Untuk meningkatkan trafik pada blog nofollow yang anda harus lakukan adalah membuat artikel atau postingan kita berkualitas, sehingga meskipun blog kita tidak memberi backlink pada pengomentar (terutama pemilik blog) ia dengan suka hati mengomentari blog kita atau bahkan ia membuat backlink kepada blog kita karena ia merasa tertarik dan mendapat manfaat dari artikel yang kita tulis pada blog kita.

Jadi sebenarnya apapun tipe blog anda, mau dofollow atau nofollow sebenarnya tergantung keinginan anda dan kepiawaian kita dalam mengelolanya, tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk antara blog dofollow dan blog nofollow terkandung si empunya blog itu yang menentukan. dan yang paling terakhir sebenarnya artikel yang baik dan bermanfaatlah yang akan membuat blog kita tumbuh dan berkembang, bukan dofollow atau nofollow. jadi putuskanlah apakah akan membuat blog kita dofollow atau nofollow.

Comments

  1. siiip sipp.. analisis yang bagus..saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan pada blog saya tentang kedua masalah itu..

    thanks mas

    ReplyDelete
  2. jadi bingung mau pakai dofollow apa nofollow setelah tau untung ruginya...

    ReplyDelete
  3. tengkyu inponya om, kapan2 mampir blogwalking ke tempatku ya.salam.waspbook

    ReplyDelete
  4. ini baru jelas .. semangat msbro
    tapi blog ini dofollow :D
    . smoga bisa menjadi lebih suksess :)

    ReplyDelete
  5. waah ilmu saya akan bertambah nih..
    thanks ya...

    ReplyDelete
  6. makasih infonya, saya mengerti dg jelas

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah blog sudah dofollow, baca dan komentar ya...
    http://tafshare.blogspot.com/2014/03/mengenal-klan-uchiha.html
    ‪#‎dijamin‬ komen back

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar