Test Browser Tercepat Saat Ini

web_browser_logo Pada postingan kali ini saya mencoba mengetest browser internet mana yang paling cepat, tentunya versi komputer saya dan koneksi internet saya yang notabenenya masih lambat (terutama koneksi internetnya) dan akan sangat berbeda dengan anda namun postingan ini dapat dijadikan rujukan bagi anda yang sedang memilih browser mana yang paling cepat terutama yang memiliki koneksi internet terbatas.

Postingan ini saya buat mengingat teman saya menyarankan saya memakai Chrome karena katanya lebih cepat, namun saya tidak langsung percaya, dari pada pusing-pusing mending saya testing aja seluruh browser yang ada di komputer saya (kalau yang nggak ada saya download dulu biar komplit laporannya … hehehe).

Sebelum ke masalah utama yakni testing kecepatan Browser, ada baiknya saya rinci dulu spesifikasi komputer, koneksi internet, dan lain sebagainya :

Processor Intel Dual Core 2.8 GHz
   
Motherboard ASUS P5G41C-M LX
   
Memory DDR3 1 GB
   
Harddisk Seagate 250 GB SATA, kecepatan rotasi 7200 RPM
   
Modem Venus VT-18 EVDO (yang putih bukan yang hitamnya)
   
SIM Card Smart
   
Paket Internet Rp. 75.000/bulan (kecepatan max download 512 Kbps “56 KBps”, upload 128 Kbps “16 KBps”)
   
Kecepatan Internet saat ini Download : 170 Kbps, Upload : 70 Kbps (test kecepatan pada www.speedtest.net)

kecepatan internet saat ini
   
Blog yang dijadikan sampel tentu saja blog saya http://kodecahaya.blogspot.com
   
Software pengukur waktu Multitrack Stopwatch
   

 

“Sebelum saya melakukan testing saya bersihkan dulu browser-browser yang saya test supaya tidak ada cache yang tertinggal di browser tersebut, sehingga kecepatan yang didapat murni kecepatan yang diambil dari awal.

Pengetesan dilakukan dua kali yakni ketika browser pertama kali dibuka, kemudian pengetesan kedua dilakukan dengan cara menutup tab (tapi tidak menutup browser), kemudian mengetest kembali untuk mengukur kecepatan loading bila sudah ada cache sebuah halaman pada browser”

 

Langsung saja pada hasil pengetesan OK ! berikut hasilnya :

BROWSER KECEPATAN LOADING
   
Mozilla Firefox 3.6.13 48 detik (belum ada cache) – 16.4 detik(sudah ada cache)
   
Chrome 8.0.552.237 1 menit 5.3 detik – 15.3 detik (sudah ada cache)
   
Flock 2.6.1 1 menit 40 detik – 1 menit 12 detik (sudah ada cache)
   
Safari 5.0.3 1 menit 20 detik – 17 detik (sudah ada cache)
   
Opera 11 1 menit 36 detik – 20.6 detik (sudah ada cache)
   
K-Meleon 1.5.4 1 menit 2 detik – 18.4 detik (sudah ada cache)
   
Internet Explorer 7 1 menit 5 detik – 25 detik (sudah ada cache)

 

Dari beberapa Browser yang saya test ternyata Mozilla Firefox 3.6.13 lah yang tercepat, dan yang paling lama loadingnya adalah Flock 2.6.1.

Demikian hasil test saya terhadap beberapa browser yang saya gunakan, mungkin hasil pengetesan ini sangat subjektif, tapi mudah-mudahan dapat dijadikan rujukan bagi teman-teman dan sobat-sobat pembaca sekalian …

Terima kasih telah berkunjung dan membaca postingan ini, kalo ada waktu komentari postingan ini demi kehidupan blog ini … hehehe. Salam

Comments

  1. Bener kang, di laptop ane juga begitu, Mozilla firefox paling cepet. Google chrom yang katanya cepet aja masih kalah cepet dibanding MF....

    ReplyDelete
  2. kalau menurut aku pribadi kecepatan speed internet itu tergantung server kita dengan menyewa bandwith berapa Kbps, untuk browser mungkin lebih kaitannya adalah perbandingan ferformance mana yang lebih baik untuk memaksimalkan dengan bandwith yang ada.

    ReplyDelete
  3. He..he... saya juga pake Mozilla Firefox 3.6.13, tapi ngomong2 bagus mas artikelnya, thanks ya atas infonya, semoga blognya semakin bertambah maju dan berkembang....

    ReplyDelete
  4. CEPETAN PAKAI lunascape 6 ORION

    ReplyDelete
  5. Tetep Chrome Lah!!!
    Ringan pula, gak ky MF,
    BERAT!!!

    ReplyDelete
  6. saya masih setia dengan Chrome. mbukanya cepet. mbuka Firefox lama banget.
    kecuali kalo Chrome crash terus, baru saya pake Firefox.

    ReplyDelete
  7. Internet gratis PC smart terbaru dengan ISPce(No Https)
    Bisa Download/Upload
    tesedia 3 pilihan Query smart ISPce Terbaru yg lebih cepat

    Internet gratis PC Flexi dengan Your Freedom(Bisa Https)
    Bisa Download/Upload

    Internet gratis PC,Three,Telkomsel,Axis,XL
    Dengan Squid(Bisa Https)Tidak Bisa Download/Upload

    Internet gratis HP All Operator GSM
    (Bisa Https)Bisa Download/Upload

    Note:
    Semua Trik Telah Di Uji Coba hampir di seluruh kota di indonesia & 100% Berhasil,Masih jalan sampai sekarang 21 juni 2011

    Info Lengkap Silahkan Kunjungi:
    http://www.ada-gratis.co.cc
    http://www.ada-gratis.co.cc

    ReplyDelete
  8. FF suka ngelag, klo versi 4.o keatas lemooot abis , makanya ane pake maxthon, lebih ringan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar