Mengatur Ukuran Kertas Pada MS Office Word 2007/2010

Bagi beberapa orang mungkin hal ini sudah tahu caranya, namun tidak ada salahnya penulis membahas tentang cara mengubah atau mengatur ukuran kertas pada MS Office Word 2007 atau MS Office Word 2010.
Berbeda dengan MS Office Excel 2007 atau MS Office Excel 2010 di mana bila hendak mengatur atau mengubah ukuran kertas proses pengaturan dilakukan pada setting printer. Pada MS Office Word tidak perlu melakukannya pada pengaturan Printer tetapi bisa langsung mengubah atau mengaturnya pada MS Office Word saja tanpa perlu mengatur kembali settingan pada printer ketika hendak mencetak sebuah dokumen.
Langsung saja ke hal yang pokok, berikut saya uraikan cara mengatur atau mengubah ukuran kertas pada MS Office Word 2007 dan MS Office Word 2010 :
1. Buka dulu program MS Office Word 2007 atau MS Office Word 2010.
2. Kemudian pada ribbon pilih tab Page Layout. Pada Group Page Setup pilihlah Size, lalu pilihlah ukuran kertas sesuai keinginan anda.
Ukuran kertas
3. Bila pada daftar tersebut tidak ada ukuran kertas yang kita inginkan kita bisa membuatnya sendiri dengan memilih pilihan More paper size pada bagian Size tersebut.
Ukuran Kertas pada Word
4. Bila anda memilih More paper size maka akan muncul jendela pengaturan ukuran kertas, anda tinggal menentukan lebar (Width) dan tinggi (Height) kertas sesuai ukuran kertas yang kita miliki, sebagai contoh ukuran kertas F4 adalah Weight = 21.5 cm dan Height = 33 cm. bila ukuran lebar dan tinggi sudah ditentukan anda tinggal menekan tombol OK untuk menerapkannya pada dokumen.
Sekian dan terima kasih.


Comments

  1. asyik nih dapet ilmu baru lagi, teriakasih bos saya jadi mengerti otak atik microsoft ofice.

    ReplyDelete
  2. itu tampilan page setup ms word kali gan ...

    ReplyDelete
  3. kalo pada excel 2007 bagaimana

    ReplyDelete
  4. di excel ane qo ga ada custumize size kertasnya ya?adanya cuma A4 dan Letter.
    padahal ane mau make f4..
    gimane caranye?

    ReplyDelete
  5. Kalo pada Microsoft Office Excel 2007, Pada Page Layout, klik Size lalu klik More Paper Sizes... Klik Options. Pada Kolom Page, klik Options, Pilih Custom Size. Isikian data Width : 21.5 dan Height : 33 dan klik OK..., selesai kan? (Untuk Kertas F4)

    ReplyDelete
  6. tanya ni sob, maksimal ukuran kertas pada word 2007 adalah width 55,87 cm, bagaimana cara menambah ukuran tersebut menjadi lebih besar? terima kasih sebulmnya

    ReplyDelete
  7. makasih sharenya mas,,makasih bgt karna sebelumnya ane binggung kenapa ng muat? ternyata gni toh

    kunjungan balik

    ReplyDelete
  8. KAK KOK GAK BISA MALAH ADA MESSAGE the measurement must be between 0.1 and 22

    ReplyDelete
  9. Excel 2007 keatas ngambil ukuran kertas dari printernya. Coba setting kertas di printer, pake user defined, lalu set nama dan ukurannya.

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat sekali gan....makasih infonya

    ReplyDelete
  11. Office 2020 untuk ubah ukuran kertas dah bisa, tapi margin yang bottom ga bisa kurang dari 5,57 cm (misal 2 cm) bagaimana caranya agar margin bottom bisa diubah menjadi 2 cm dan tidak terpotong kalau diprint

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar