Mencetak Tampilan Monitor Komputer (Screen Shoot)

Sebenarnya banyak cara untuk mencetak atau mengkopi tampilan di monitor komputer kita. Kita bisa menggunakan fasilitas bawaan Windows ataupun menggunakan software pihak ketiga baik yang gratis (freeware) maupun software yang berbayar.

Nah, pada post kali ini penulis hanya akan membahas tentang cara mencetak (Print Screen) dengan menggunakan fitur/fasilitas bawaan Windows karena sebenarnya dengan fitur bawaan saja kita sudah dapat dibilang mencukupi untuk keperluan kita.

Baiklah, kita langsung aja ke pokok pembahasan. Ada dua cara mencetak tampilan di monitor yakni:

1. Dengan menekan tombol Print Screen
untuk komputer desktop/PC yang menggunakan keyboard standar biasanya tombol Print Screen berada di atas tombol tanda panah, sedangkan untuk laptop biasanya terletak di bagian kanan atas keyboard laptop).
Kemudian anda tinggal menekan CTRL+V untuk menempel (paste) hasilnya di aplikasi misal Microsoft Word, Corel Draw, Paint, dan lain-lain.
(kelemahan cara ini adalah kita tidak dapat menentukan bagian monitor yang mana yang akan kita ambil dalam artian dengan cara ini kita mengambil/mencetak seluruh tampilan monitor)

2. Dengan menggunakan fitur bawaan Windows yakni menggunakan fitur Snipping Tool
Untuk menggunakan fasilitas ini kita hanya perlu mengeksekusi aplikasi snipping tool yang berada di bagian Accessories Windows.
setelah jendela Snipping Tool terbuka kita tinggal menentukan daerah monitor yang mana yang akan kita cetak.
Jika anda bermaksud untuk mencetak jendela lain yang tidak tampak, anda tinggal menekan tombol ESC (berada di ujung kiri atas keyboard) kemudian setelah jendela yang anda maksud terbuka, anda tinggal menakan tombol NEW di jendela Snipping Tool.

Comments