Ketika Komputer Restart Sendiri, Apa penyebabnya ?

Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kita mengerjakan suatu tugas atau kalau buat blogger lagi membuat artikel untuk diposting ke blognya, eh ternyata komputer yang kita pakai merestart sendiri, tanpa alasan. Celakanya lagi tugas atau artikel
tadi belum di-save. Selanjutnya apa yang akan anda lakukan bila hal tersebut terjadi (bisa jadi …….he…he…he).


Mungkin tidak apa-apa kalau merestartnya hanya sekali, tapi bagaimana kalau merestartnya keterusan, alias komputernya ketagihan ngerestart. Mungkin tugas anda tidak akan selesai, dan akhirnya komputerlah yang jadi korban (diapain tuh komputer, bisa-bisa di…..ting).

Tenang-tenang bagi anda yang pernah mengalami hal tersebut tenanglah Karena penulis juga pernah ngalamin yang kaya begitun lalu pertanyaannya apa penyebab komputer kita merestart sendiri dan nggak diperintah oleh kita eh malah ngerestart sendiri. Dan pertanyaan kedua bagaimana memperbaikinya ?.

Mungkin disini saya akan memaparkan apa penyebab dan bagaimana cara penanggulangannya (kaya penyakit menular aja :). Bahasan dibawah ini sebagian besar pengalaman pribadi penulis, jadi kalau ada yang salah mohon dimaklum ya !.

Apa Penyebab Komputer Kita Restart Sendiri

• Komputer kita terkena virus
Lagi-lagi nama ini yang muncul kalau masalah komputer yang bermasalah. Ya memang begitu mau gimana lagi.
Lalu bagaimana cara virus tersebut bisa membuat komputer kita merestart sendiri ? jawab : ya bisalah kan restart itu salah satu fungsi system operasi maka apabila sebuah virus dibuat salah satunya untuk merestart komputer (bisa jadi untuk membuat antivirus atau program pembunuh virus tidak dapat membuat virus tersebut hilang atau mati)


• Processor komputer kita terlampau panas
Pada komputer-komputer yang keluaran sekarang sudah banyak Motherboard yang memakai sensor temperatur untuk mengetahui suhu processor atau chipset sehingga ketika suhu melebihi batas panas, maka otomatis komputer akan merestart sendiri, hal ini biasanya terjadi ketika kita menjalankan program yang cukup berat untuk ukuran memori dan prosessor kita atau kita sedang bermain game 3D yang lumayan menyedot space memory anda. Tidak lain hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan yang fatal pada komputer kita karena panas yang berlebihan.


• Peripheral komputer yang tidak terpasang dengan baik
Hal ini sering terjadi ketika kita membersihkan Motherboard dari debu dan ketika memasang kembali peripheral tersebut, kita tidak memasangnya dengan benar (bisa terbalik, kurang pas, kurang namcap, atau yang lainnya) sehingga ketika CPU kita bersenggol atau terkena getaran, peripheral tadi kehilangan arus listrik atau tidak tertancap dengan baik, sehingga memaksa komputer kita merestart (bisa karena konsleting)


• Harddisk mempunyai banyak bad sector
Ketika harddisk kita mempunyai banyak bad sector semestinya kita segera memback-up data penting yang ada pada harddisk tersebut karena sudah dapat dipastikan harddisk tersebut tidak akan bertahan lama. Bad sector sendiri terjadi karena komputer kita sering tidak mati dengan cara shutdown (mungkin karena mati lampu, atau komputer hang dan kita harus menekan tombol power pada CPU). Ketika Harddisk kita mempunyai bad sector ada beberapa hal yang akan terjadi, bisa jadi komputer lambat karena lamanya proses baca tulis pada harddisk (sebagai contoh kaset CD yang sudah kotor dan banyak goresan susah dibaca oleh VCD player), bisa jadi komputer kita sering merestart, atau bahkan hal yang terburuk harddisk kita rusak dan selamat tinggal data penting kita.


• Power Supply Rusak
Power supply adalah pemasok listrik bagi komputer kita, sehingga bila Power Supply mengalami gangguan. Salah satunya komputer merestart sendiri.

Bagaimana Cara Menanganinya ?

• Apabila komputer kita sering merestart setelah kita membersihkan Motherboard, maka buka kembali CPU kita dan periksa masing-masing kabel, jumper dan lain-lain bisa jadi kabel harddisk kita tidak terpasang dengan baik.


• Apabila komputer kita sering merestart karena terkena virus, maka secepatnya kita cari antivirus untuk menghilangkan virus tersebut, penulis sarankan untuk menggunakan antivirus portable atau harddisk kita discan oleh komputer lain yang tidak terkena virus dan sudah terinstall antivirus yang update.


• Apabila komputer kita sering merestart karena kelebihan panas maka hal tersebut dapat diatasi dengan cara menambah kipas tambahan di dalam CPU komputer kita, atau menambah memory atau VGA card sehingga kerja prosessor tidak terlalu berat karena kurangnya kapasitas memory yang dimiliki.


• Apabila hal tersebut terjadi karena terdapat bad sector pada Harddisk kita maka sebaiknya kita membeli harddisk yang baru dan segera memback-up file-file penting yang ada pada harddisk sebelum harddisk tersebut rusak total.


• Apabila sumber masalah adalah dari Power Supply, sebaiknya anda membeli power supply untuk CPU kita

 

Bila komputer anda merestart sendiri pada saat booting pada Windows, anda bisa membaca posting tentang Komputer merestart pada saat booting, apa penyebabnya ?.

Comments

  1. makasih infonya, kebetulan komputer saya baru pertama kali restart sendiri

    ReplyDelete
  2. thnk banet infonya bos

    ReplyDelete
  3. kalo kemungkinan ddr yg rusak gmn yah?

    salam kenal Download Film Gratis

    ReplyDelete
  4. kang klo PSU da dgnti Hardisk dcopot n cm msuk BIOS,,Stavolx da bru…tp ttp restar ..knp y..????
    mksh sblumx…

    ReplyDelete
  5. fannya g ad maslah kang,,,suhunya normal...
    ayo kang kira2 ap y yg bwt kompie ane restatan,,
    apa mobonya yg udh udzur,,,,!!??

    ReplyDelete
  6. Makasih atas pencerahannya, sebab kompi ane mengalami hal ini.....

    ReplyDelete
  7. Biasanya bagi programmer ketumpahan kopi restad sendiri tu kompi.. whwhwhw

    ReplyDelete
  8. Cobaan di berdiriin mas cpunya, soalnya pas posisi tidur ga nyala sama sekali

    ReplyDelete
  9. Wah terima kasih atas informasinya sehingga kami memahami terkait permasalan ini.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir
    https://bangamingadget.com/komputer-restart-tanpa-peringatan/

    terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar