Cara Membuat Photo Mosaik dengan AndreaMosaic

Saya pernah melihat di TV ketika Presiden SBY melakukan konferensi pers (tapi saya nggak tahu tentang apa ? soalnya lupa) saya lihat di belakang pak SBY terlihat sebuah photo dirinya yang terbuat dari ribuan foto-foto kecil sehingga membentuk wajah SBY. Langsung aja pertanyaan yang ada dipikiran saya itu bagaimana cara membuat foto tersebut yang sering disebut Foto Mosaik (Photografic Mosaic Image). Dan mungkinkah ada program komputer yang bisa membuatnya (dalam pikiran saya). Setelah cari-cari di google ketemu juga tuh program dan gratisan pula atau cari aja di http://www.download.com dan masukan keyword AndreaMosaic udah deh download aja (http://download.cnet.com/AndreaMosaic/3000-2192_4-10889016.html?tag=mncol).
Setelah kita unduh tuh program gratisan (hidup gratisan !!!), kita install tuh program (saya anggap para pembaca sudah biasa menginstall program) tapi sebelum itu kita siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat foto mosaic tersebut. Yaitu :
1. Photo yang akan dijadikan latar (misal foto pak SBY tadi yang lagi senyum tentunya)
2. Photo yang akan dijadikan mosaiknya (foto-foto yang kecil-kecilnya)
Kalau bahan-bahannya sudah siap ayo kita mulai utak-atik program dan bikin foto mosaik tersebut.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Install program AndreaMosaic.

2. Buka program tersebut :

3. Tambahkan foto latar sesuai keinginan kita dengan cara menekan tombol + atau drag and drop foto yang akan kita jadikan latar dari window explorer ke program tersebut.

4. Setelah itu tentukan :
Mosaic Size : ukuran photo tersebut misalkan ukuran A3 atau sesuai dengan keinginan anda
Mosaic Resolution : resolusi/ketajaman hasil dari foto mosaic tersebut. Semakin besar nilai yang dimasukan semakin baik kualitas hasil foto mosaic tersebut dan tentu saja ukuran foto tersebut akan semakin besar.
Tile Size : ukuran gambar-gambar atau foto-foto yang kecil. Ukurannya bisa menggukan ukuran dimensi (panjang x lebar) atau jumlah foto-foto yang dikecilkan tersebut.
Use Same Tile Up To : jumlah maksimal foto-foto kecil tersebut akan diduplikasi.
Duplicate Spacing : jarak satu duplikat ke duplikat yang lain
Pattern : Bentuk/alur dari mosaic yang akan kita buat
Color Changes : berapa persen pengaruh foto latar terhadap foto-foto kecil itu (semakin besar persen yang kita buat semakin besar pula pengaruh warna foto latar terhadap foto-foto kecil tersebut.
Tile Variant : pada bagian ini terdapat Original Tile, Rotate 900 (putar 90 derajat), Rotate 1800 (putar 180 derajat), Mirror (gambar dicerminkan), Flip Vertikal (balik vertical).
Mosaic Information : berisi informasi mengenai mosaic yang akan kita buat.

5. Cobalah variasikan dari setting/pengaturan tersebut, dan setelah itu tekan tombol Select Tiles, kemudian akan muncul jendela Select Tiles.

6. Setelah itu tekan tombol Add Folder, kemudian cari folder dari gambar atau foto yang akan dijadikan foto-foto kecil. Setelah folder yang akan dijadikan fotonya akan dijadikan tile tersebut sudah ditentukan, tekanlah OK.

7. Kemudian akan muncul path folder yang telah kita tentukan tadi. Setelah itu tekan tombol Save Archieve, tunggu proses beberapa saat kemudian akan muncul kotak dialog save, beri nama kumpulan tile tersebut kemudian tekan OK untuk mengakhirinya.
8. Setelah itu tekan tombol OK pada window select tile.
9. Setelah itu tekan tombol Create Mosaic untuk untuk membuat mosaic tersebut.
10. Jadilah mosaic yang telah kita buat, bila terdapat kekurangan kita bisa merubah pengaturan-pengaturan yang telah diterangkan di atas.
By : Asjach@gmail.com
Cara Membuat Ground Pada Komputer

Cara Membuat Ground Pada Komputer

Mungkin anda pernah mengalami kesetrum tapi bukan dari sumber listrik langsung (kalau yang ini bisa menyebabkan kematian) maksud saya adalah kesetrum yang terasa seperti digigit semut, memang tidak membahayakan tapi lumayan menjengkelkan karena cukup membuat kita kaget.
Untuk menghilangkan hal tersebut caranya cukup mudah yaitu :
Sediakan kabel kira-kira 1 m sampai 1,5 m (diukur dari CPU ke lantai) yang diperlukan hanya satu bagian kabel saja
Paku yang panjangnya kira-kira 5-10 cm
Palu buat mukul paku.
Cara membuatnya kelupas ujung kabel tadi dan ikatkan ke sekrup lalu paku yang telah kita persiapkan kita tancapkan ke lantai pakai palu, lalu kelupas ujung kabel yang lainnya lalu ikatkan ke paku yang telah ditancapkan, jreng…jreng…jreng Ground sudah jadi, kita sudah terbebas dari gangguan semut yang menggigit kita.
Cara Membasmi Trojan W32.Sality.Y

Cara Membasmi Trojan W32.Sality.Y

MEMBASMI W32.Sality.Y
Mungkin hal yang paling menjengkelkan adalah ketika komputer kita terkena/terinfeksi oleh virus atau program pengganggu lainnya. Mungkin salah satu virus yang cukup menjengkelkan adalah W32.Sality.Y (Avira Free Edition). Dari pengalaman penulis rasakan ketika terinfeksi virus ini adalah :
Komputer menjadi lambat,

Tidak bisa boot dengan mode “Safe Mode”,
Tidak terdeteksi pada task manager,
Menginfeksi file-file yang ber-ekstensi .exe. Sehingga bisa kejadian ketika kita sudah menginstall ulang komputer kita, virus tersebut aktif kembali karena kita menginstall aplikasi atau program yang sudah terinfeksi virus tersebut,
Ketika terdeteksi oleh Antivirus biasanya komputer langsung hang atau nge-restart sendiri, dan kadang-kadang komputer tidak nyala kembali (nggak bisa booting masuk Windows), dan terpaksa komputer harus di-install Ulang (cape deh),
Antivirus menjadi linglung (error),
Dll.
PENCEGAHAN
Install Antivirus yang biasa anda gunakan (hampir semua antivirus sudah mendeteksi virus tersebut) tapi kalau penulis boleh sarankan pake aja Avira Free Edition (http://www.avira.com) karena Antivirus tersebut bisa disebut antivirus terbaik yang ada (yang gratisan) dan kalau lihat-lihat di statistik antivirus terbaik, Avira termasuk juaranya Antivirus saat ini. Tapi gagalnya itu, kalau ada file yang sudah terinfeksi virus ini nggak bisa disembuhkan (dinormalkan seperti sedia kala) alias di Delete atau Quarantine.
Untuk pencegahan file-file yang ber-ekstensi exe sebaiknya dikompres (pake Winrar, Winzip, 7-Zip, dll yang penting bisa ngompres file) sehingga virus tidak dapat menginfeksi file-file tersebut
Jangan sembarangan menginstall program, sebaiknya discan pake antivirus dulu (kalau antivirusnya nggak autoscan) walaupun program tersebut antivirus.
PEMULIHAN atau PENYEMBUHAN
Maksudnya memulihkan komputer yang sudah terlanjur terinfeksi oleh virus ini (W32.Sality.Y). berikut cara-cara yang pernah penulis tempuh untuk menghilangkan virus tersebut :
Pakai Antivirus Portable artinya antivirus yang nggak perlu diinstall dulu untuk menggunakannya, tapi biasanya ketika virus tersebut terdeteksi komputer langsung hang.
Pakai antivirus Dr. Web (http://www.freedrweb.com) gratisan kok, mungkin baru antivirus ini (antivirus yang pernah penulis coba selama ini hanya men-delete) yang bisa menyembuhkan alias membuang virus/benalu dalam file yang berekstensi exe, dalam artian file-nya tidak di-delete alias (lagi) file-nya terbebas dari virus dan bisa digunakan lagi.
Kalau terjadi error atau komputer menjadi hang, coba gunakan Dr. Web yang liveCD masih satu website sama Dr Web versi portable untuk mendownloadnya.
Mungkin segitu dulu nulisnya cape euy, ngantuk lagi.
Referensi :
Pengalaman Pribadi

Bingung euy mau nulis apa, ah tapi saya mau mulai nulis blog. udah lama daftar tapi nggak nulis-nulis.

Siap-siap nulis ah, lihat aja nanti nulisnya apaan pokoknya bakal rame dan bermanfaat.

Blog ini mungkin akan berisi tentang :

  1. tips & tricks internet
  2. virus & antivirus
  3. komputer
  4. hitung-berhitung
  5. lain-lain yang berhubungan dengan IT dan Pengetahuan.

Harap dimaklum kalau tulisannya ngawur. tapi saya akan mencoba belajar menulis di blog.

segitu dulu ya perkenalannya, sering-sering buka blog ini ya !!!.