Menginstall Maktabah Syamilah di Windows 7

Waww,, dah lama sekali ya ane gak posting entri di blog ini,,, mungkin dah hampir 2 tahun ane gak posting. maklumlah orang sibuk .. hehehhe ... sibuk apa ya ??? dah 2 tahun sibuk cari-cari jalan gak ketemu-ketemu ya jadinya balik lagi bloggingan ... beuuuuhhhh, stttoooppp .. dah curhatnya .. nulis-nulis ..


OK langsung aja ya ke pokok pembahasan ! ane emang orangnya susah kalo bertele-tele mesti to the point aja gitu .. cabuuuttt manggg ..langsung aja. (maaf ya bahasanya tidak EYD, kalo dah masuk artikel langsung EYD dehh,, )

Bagaimana cara menginstall Maktabah Syamilah di Windows 7 atau Windows 8 atau mungkin ada yang masih menggunakan Windows XP ??

Bagi anda yang telah mengenal lebih dalam sistem Windows sebenarnya gak susah-susah amat jika kita dah tahu caranya di satu versi, biasanya tidak beda-beda jauh. 

Pertama-tama yang mesti diketahui adalah, apa sih Maktabah Syamilah itu ?
Maktabah Syamilah adalah program yang dikhususkan bagi mereka yang tertarik terhadap pengkajian kitab kuning, maka Maktabah Syamilah-lah jawaban yang paling murah dan mudah bagi mereka yang berkeinginan sangat kuat untuk mempelajari ilmu-ilmu agama islam di antaranya, masalah Fiqih, Ushul Fiqih, Hadits, Matan Hadits, dan lain sebagainya. jadi dapat disimpulkan Maktabah Syamilah adalah versi Digital dari kitab-kitab kuning yang ada sekarang.

Maktabah Syamilah memiliki ukuran file (keseluruhan file) yang beragam. mulai yang sekitar 3 GB, 14 GB, ataupun yang penulis ketahui yang paling besar sampai 250 GB. ukuran file tersebut berbanding lurus dengan koleksi kitab yang ada didalamnya. jadi semakin besar ukuran file Maktabah Syamilah berarti semakin banyak pula koleksi kitab-kitab atau artikel di dalamnya.

Namun yang sering jadi masalah adalah bukan ukuran filenya tetapi banyak yang tidak tahu cara menginstall Maktabah Syamilah karena ketika hendak diinstall, pada proses instalalasi huruf yang muncul bukan bahasa Arab namun huruf-huruf yang tak karuan dan tentu saja tak dapat dimengerti. hal tersebut terjadi karena system windows pada komputer/laptop kita bukan system bahasa Arab, sedangkan Maktabah Syamilah mesti diinstall pada system Arab.



Nah untuk mengatasi masalah tersebut berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Mengubah System Windows jadi berbahasa Arab :

1. Pastikan File Maktabah Syamilah ada di harddisk kita (penulis sarankan file master Maktabah Syamilah di simpan di Drive D, E, F, dst. tidak di drive C atau di dalam flashdisk)

2. Pilih Control Panel, kemudian pilih Clock, Language, and Region

3. setelah itu pilih salah satu dari dua pilihan link yang ada di bawahnya



4. selanjutnya akan muncul jendela Region and Language, pilih tab Administrative.
5. pada tab Administrative klik tombol Change System Locale



6. akan muncul jendela Region and Language Settings, pilih Arabic (Saudi Arabia)



7. Jika sudah, tekan tombol OK untuk mengeksekusi. Windows akan meminta untuk merestart komputer, klik tombol OK untuk menyelesaikan proses perubahan System.

Setelah itu Windows akan merestart dan anda sudah siap menginstall Maktabah Syamilah di Komputer/laptop anda dan dijamin ketika anda mengeksekusi file setup.exe Maktabah Syamilah, akan muncul jendela penginstallan yang berbahasa Arab. tinggal klik aja tombol  (موافق) = OK, sampai selesai. 

Dah ya segitu aja .. semoga bermanfaat. dan terima kasih sudah rela membaca posting yang serba kekurangan ini .. heheh :D