November 13, 2010

Cara Menghapus Broken Link dengan Google Webmaster

Postingan ini merupakan kelanjutan  dari pembahasan saya tentang Google Webmaster tools, yang merupakan sebuah alat dari Google untuk mengatur blog/website yang kita miliki, fitur-fitur yang cukup komplit untuk mengelola blog. Sehingga kita dapat memonitor keadaan blog untuk meningkatkan SEO blog kita.

Bila anda belum terdaftar sebagai pengguna Google webmaster maka sebaiknya anda segara daftar. Bila belum tahu caranya anda dapat membaca artikel tentang Cara Daftar Webmasters, anda juga dapat membuat sitemap (peta situs) untuk blog anda baca saja artikel Cara membuat sitemap dengan google webmaster.

Langsung ke pokok pembahasan, Broken link (link rusak) adalah sebuah tautan yang kita buat ke blog kita. penyebab broken link ada dua yakni :

  • Link yang kita buat/pasang tidak ada, ini artinya link yang sebelumnya “hidup” menjadi “mati” bisa dikarenakan dihapus oleh situs link yang kita tautkan, atau mungkin saja situs tersebut telah dihapus ataupun lain sebagainya yang menyebabkan link tersebut (yang kita tautkan tadi) menjadi tidak bisa ditemukan alias tidak ada alias rusak. tandanya adanya tanda peringatan 404.
  • Seperti yang telah penulis bahas pada postingan Jangan Sembarangan Menghapus Postingan Blog kita, salah satu penyebab adanya broken link pada blog kita adalah karena kita menghapus sebuah postingan atau label yang sebelumnya telah kita terbitkan/publishkan. Anda mungkin masih beruntung bila postingan yang anda buat belum terindeks oleh Search Engine sehingga kalau anda menghapusnya postingan yang kita hapus tadi tidak akan menjadi broken link. Namun bila postingan tersebut telah terindeks oleh mesin pencari kemudian anda menghapusnya maka link yang kita hapus tadi akan menjadi broken link, karena sebenarnya link postingan kita tadi telah terindeks oleh google, ketika google mengirimkan googlebot ke blog kita bot tersebut tidak menemukan link postingan kita tadi maka googlebot menandai postingan kita terdapat broken link yakni postingan kita yang telah dihapus.

Cara Menghapus Broken Link biasa

  • Untuk masalah broken link yang pertama mungkin cukup mudah menghilangkannya yaitu dengan menghapus link yang rusak tadi atau membuang link yang tertanam dalam teks, gambar, dll.
  • Sedangkan untuk masalah yang kedua tidak akan semudah masalah yang pertama, karena anda membutuhkan sebuah tool untuk menghapus link yang rusak tersebut. Salah satu tool yang saya gunakan adalah Google webmaster tools. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Cara Menghapus broken link tadi postingan atau Label yang kita hapus

berikut tahapan-tahapannya :

  • login ke google webmaster tools
  • Setelah masuk klik blog anda (bila blog yang anda miliki lebih dari satu), anda akan masuk ke Dashboard Google Webmaster tools blog anda dan dapat melihat informasi lengkap tentang blog anda untuk melihat lebih detail anda dapat memilih salah satu kategori sesuai keinginan anda.
  • Untuk melihat apakah terdapat broken link pada blog kita, kita hanya perlu melihat pada bagian Crawl Error (pada bagian kanan atas)
  • Untuk mengetahui link mana saja yang rusak anda bisa mengklik pada bagian link yang rusak. atau anda bisa masuk ke crawl error pada menu bagian kiri, pada bagian diagnostics pilih crawl error

broken link

  • lalu akan muncul link-link yang rusak

broken link2

  • lalu untuk menghapus link-link yang rusak tersebut kita tinggal mengklik menu configurations >> Crawl access

broken link3

  • bila telah masuk ke halaman crawl access pilih tab remove URL

broken link4

  • tekan tombol new removal request, masukkan link yang rusak tadi, kemudian tekan continue.

broken link5

  • Pada halaman berikutnya pada bagian reason pilih remove page from search result and cache, lalu centang the page returned a 404/410, or …. lalu klik tombol submit request

broken link7

  • Setelah itu akan muncul link yang anda hapus tersebut, biasanya link kita ditunda (dipending) hingga diproses dan akhirnya dihapus dari blog kita

broken link8

  • lakukan hal serupa pada link yang rusak yang lainnya.
  • Proses penghapusan biasanya memakan waktu berhari-hari (pengalaman saya baru dihapus setelah 5 hari)
  • Bila proses penghapusan telah berhasil maka pada bagian crawl error bagian Not Found akan berkurang atau tidak ada broken link (kalau anda memasukkan seluruh link yang ada untuk dihapus)

akhirnya selesai juga !

Ditulis Oleh : Nurdin Nurdiana Hari: 12:28 PM Kategori:

14 comments:

  1. Sungguh informasi yang berharga karena banyak link yg eror, dan terima kasih banyak

    ReplyDelete
  2. terima kasih, sangat terbantu dgn tulisan ini. :)

    ReplyDelete
  3. Sempurna sekali penjelasannya, ini yang ku cari2 sebelumnya, tq gan.

    ReplyDelete
  4. t`ksh infonya,,
    apakah stlh link thapus, posting artikel kita yg linknya broken tsb akan thapus juga?

    skali lg t`kasih ya,, ;)

    ReplyDelete
  5. Tutorialnya ini sangat membantu agar pengunjung site tidak merasa di bohongi ketika mengklik site yang ingin dikunjungi lewat google... thanks :)

    ReplyDelete
  6. mantap sharingnya gan... ane langsung praktek deh

    ReplyDelete
  7. Sebelumya Terima kasih Informasinya Mas,
    saya sudah jalankan semua cara caranya menghapus CrawErrors ,tapi ko masih ke-Detect Error sama googlewebmaster ya,alias belum ilang link nya,..

    ReplyDelete
  8. Makasih kawan. Ada satu pertanyaan ni kawan, apakah dengan menghapus semua link yang dinyatakan broken di google webmaster tool tersebut juga bisa menghapus url blog saya? Pasalnya ada link yang dinyatakan broken justru alamat atau url blog saya sendiri yang masih aktif.

    ReplyDelete
  9. wahhh gawat blog saya banyak yg not foundnya,, ckckkc,, berguna bgt nih,, nyari2 akhirnya ketemu disini dah tutornya yg lengkap.. hehehe.. thx sobat,, sangat membantu..

    ReplyDelete
  10. Haturnuhun Infonya kang Bro... :D

    ReplyDelete
  11. makasih gan infonya membantu banget. salam kenal gan!.

    ReplyDelete

Komentar

 

Blogroll


Followers

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Follow Us !